Sabtu 27 Mar 2021 17:00 WIB

Rep: Surya Dinata/ Red: Fian Firatmaja

Menkes: Vaksin Covid-19 Terancam Embargo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Kesehatan mengingatkan ancaman embargo vaksin Covid-19 dari negara lain dalam beberapa bulan ke depan. Hal itu akibat adanya laju kenaikan kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, telah terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa negara, termasuk India sehingga mengakibatkan terjadinya embargo vaksin. 

Menurut Budi, kemungkinan hal itu bisa mengganggu kedatangan atau ketersediaan vaksin Covid-19 hingga beberapa bulan ke depan, terutama dari negara-negara yang melakukan embargo. 

Budi menambahkan, pemerintah perlu berhati-hati dalam mengatur laju pemberian vaksin agar tidak ada kekosongan vaksin. Lebih lanjut Budi mengingatkan bahwa di beberapa negara Eropa sudah terjadi kenaikan kasus Covid-19 kembali. 

Menurutnya, hal itu disebabkan adanya varian baru virus Covid-19 serta mobilitas yang cukup tinggi. Karena itu, menurut Budi, Presiden Joko Widodo mengimbau untuk mencari titik keseimbangan agar hasil penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang sudah baik bisa terus terjaga.

 

 

 

Video Editor | Fian Firatmaja