Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

STEI SEBI Adakan Sekolah Penelitian untuk Mahasiswa

Sabtu 27 Mar 2021 15:48 WIB

Red: Irwan Kelana

STEI SEBI Depok melaksanakan sekolah penelitian untuk mahasiswa Rabu (24/3).

STEI SEBI Depok melaksanakan sekolah penelitian untuk mahasiswa Rabu (24/3).

Foto: Dok STEI SEBI
Sekolah penelitian ini penting untuk mendorong riset ekonomi Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sivitas Akademika STEI SEBI melalui SEBI Islamic Business and Economic Research Center (SIBERC) dan Bidang Kemahasiswaan menyelenggarakan agenda sekolah penelitian dengan tema “Islamic Economics Research School (IERS)” level basic. Agenda yang diadakan  pada Rabu (24/3) tersebut diikuti oleh puluhan mahasiswa STEI SEBI yang tergabung dalam organisasi GenBI atau penerima beasiswa dari Bank Indonesia. 

Fahmi Syahbuddin  SEI, MM selaku Wakil Ketua 3 bidang Akademik STEI SEBI menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mencetak para peneliti muda yang memiliki keinginan untuk mengembangkan riset ekonomi Islam. “Teman-teman beruntung bisa mengikuti pelatihan riset ini karena mendapat pengayaan informasi dan dapat berkontribusi dalam penelitian ekonomi Islam,”  ujar Fahmi seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan agar kegiatan sekolah penelitian ini menjadi kontribusi bagi STEI SEBI untuk menghasilkan para peneliti muda. “Sekolah penelitian ini merupakan program pembinaan yang berkaitan dengan dakwah ekonomi Islam. Semoga kegiatan ini dapat mencetak para peneliti baru, sehingga menjadi pelanjut estafeta peneliti muda SEBI,”  lanjut Fahmi.

Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Dr  Ai Nur Bayinah yang memberikan arahan dalam agenda IERS level basic ini. “Dalam meneliti kita perlu menghadirkan suasana senang, salah satunya dengan memilik topik yang memang kita sukai dan ingin tahu hasil jawaban dari penelitian itu” ujar Ai yang juga merupakan direktur eksekutif SIBERC. 

“Untuk memulai riset, bisa dimulai dari mencari permasalahan yang membuat kita penasaran, kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan data, dan diakhiri dengan menjawab pertanyaan,”  tutupnya. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA