Ahad 28 Mar 2021 05:15 WIB

Para Wali adalah Manusia Unggul pada Generasinya

Para wali akan selalu ada pada setiap generasi umat Rasulullah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Para Wali adalah Manusia Unggul pada Generasinya
Foto: MgIt03
Para Wali adalah Manusia Unggul pada Generasinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara keistimewaan para wali adalah mereka dijadikan orang-orang yang sabiqun yaitu orang-orang terdepan dalam kebajikan. Para wali menjadi manusia unggul pada setiap generasinya. 

Sebagaimana dijelaskan Abu Nu’aim al Asfahani dalam kitabnya Hilyatul Auliya wa Thabaqat Al Asfiya bahwa di antara keistimewaan para wali Allah adalah mereka unggul dari setiap orang pada generasinya. Para wali senantiasa mendapatkan pertolongan Allah sebab keikhlasan mereka. 

Baca Juga

Keterangan ini juga didukung dengan hadits berbunyi: 

حدثنا عبدالله بن جعفر، حدثنا اسماعيل بن عبدالله، حدثنا سعيدبن ابى مريم، حدثنا يحيى بن ايوب، عن ابن عجلان، عن عياض بن عبدالله، عن عبدالله بن عمر و، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال؛ لكل قرن من امتي سابقون. 

Abdullah bin Ja'far menceritakan kepada kami, Ismail bin Abdullah menceritakan kepada kami, Said bin Abu Maryam menceritakan kepada kami, Yahya bin Ayyub menceritakan kepada kami, dari Abu Ajlan, dari Iyadh bin Abdullah, dari Abdullah bin Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda; "Setiap generasi dari umatku memiliki sabiqun (orang-orang terdepan dalam mengerjakan kebajikan)". 

Para wali akan selalu ada pada setiap generasi umat Rasulullah. Ketika satu diantara para wali itu meninggal dunia, maka Allah akan menggantikan kedudukannya dengan wali lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement