Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Dua WNI Jadi Korban Penyerangan di AS

Sabtu 27 Mar 2021 10:09 WIB

Red: Nidia Zuraya

Menlu RI, Retno Marsudi

Menlu RI, Retno Marsudi

Foto: MoFA Indonesia
Menlu Retno meminta WNI di AS untuk bersikap waspada dan hati-hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York, Amerika Serikat (AS), telah melakukan komunikasi ke Kantor Wali Kota Philadelphia, Pennsylavania, untuk menyampaikan keprihatinan mengenai aksi penyerangan terhadap dua warga negara Indonesia (WNI).

"KJRI New York sudah melakukan komunikasi dengan Kantor Wali Kota Philadelphia sampaikan concern ... sambil tentunya hormati privacy act," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Sabtu (27/3).

Baca Juga

Saat ini, kepolisian yang berwenang di Philadelphia sedang menyelidiki rekaman dari closed-circuit television (CCTV).Terkait dengan perkembangan situasi di AS saat ini, kata Retno, seluruh perwakilan Indonesia sudah dan akan terus-menerus mengeluarkan imbauan kepada WNI di AS untuk bersikap waspada dan hati-hati.

Jika mengalami insiden, para WNI juga diminta segera melaporkan ke aparat keamanan setempat atau pusat kontak perwakilan RI. "Perwakilan RI juga terus lakukan komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat dan mahasiswa Indonesia di AS," ujarnya.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu Ngurah Swajaya juga telah berbicara langsung dengan Duta Besar Sung Kim sebagai Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific Kementerian Luar Negeri AS untuk memohon perhatian perlindungan dan keselamatan WNI di AS.

"Duta Besar Kim menegaskan penegak hukum di AS, baik federal maupun lokal, akan terus berusaha menangani kasus tersebut dan kasus lain serupa," ujarnya.

Dua remaja Indonesia dilaporkan mendapat serangan fisik berupa tamparan dan pukulan di stasiun kereta di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Ahad (21/3). Saat sedang menunggu kereta, dua remaja WNI itu diserang oleh empat orang tak dikenal.

Mereka juga dirundung oleh para pelaku. Serangan terhadap WNI itu terjadi di tengah maraknya serangan anti-Asia di Negeri Paman Sam dalam beberapa waktu terakhir.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA