Sabtu 27 Mar 2021 06:55 WIB

11 Adab Tilawah Alquran

Hendaknya qari meniatkan dalam membaca dan mentadaburi Alquran karena Allah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
11 Adab Tilawah Alquran
Foto: AP /Allauddin Khan
11 Adab Tilawah Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat sejumlah adab yang dilakukan oleh seorang Muslim dalam membaca Alquran. Adab-adab ini dapat diterapkan saat membaca Alquran.

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, di antara adab seorang Muslim terhadap Alquran yaitu: 

Baca Juga

1. Hendaknya qari meniatkan dalam membaca dan mentadaburi Alquran secara murni karena wajah Allah, bukan karena riya atau ingin dipuji dan sumah (ingin didengar), serta tidak minta upah apa pun, karena ibadahnya merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada-Nya. 

2. Menghormati adab-adab tilawah atau membaca Alquran, seperti beristiadzah (meminta perlindungan) kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk ketika memulai qiraah, juga membaca basmalah apabila memulai qiraahnya dari awal surah selain surah At-Taubah. 

3. Hukumnya mustahab (disukai) bagi qari Alquran untuk berwudhu sebelum memulai qiraah dengan mushaf (bukan dengan hafalan). Bahkan, ada yang berpendapat wudhu wajib atasnya.

4. Sebaiknya duduk ketika membaca Alquran, begitu juga berpakaian yang baik, menghadap kiblat, dan berada di tempat terhormat yang layak dengan keagungan Kitab-Nya. 

5. Sebaiknya membaca Alquran dengan tunduk, khusyu, perlahan, diiringi tadabur dan tafakur pada ayat-ayatnya, sedangkan hati dan inderanya tertuju pada apa yang dibaca, dan tidak memotongnya dengan perkataan manusia. 

 

 

photo
Waktu terbaik membaca Alquran (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement