Jumat 26 Mar 2021 23:45 WIB

Tchaikovsky Pengganti Lagu Kebangsaan Rusia di Olimpiade

IOC menolak penggunaan lagu kebangsaan Rusia di Olimpiade.

Bendera Rusia dikibarkan di atas logo Olimpiade. Rusia dikenai sanksi akibat penggunaan doping atletnya.
Foto: AP
Bendera Rusia dikibarkan di atas logo Olimpiade. Rusia dikenai sanksi akibat penggunaan doping atletnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karya musik komponis Pyotr Tchaikovsky akan diajukan oleh Komite Olimpiade Rusia (ROC) sebagai pengganti lagu kebangsaan Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menolak penggunaan lagu Katyusha.Lagu kebangsaan Rusia dilarang digunakan dalam Olimpiade sebagai bagian dari sanksi terhadap Rusia yang diterapkan oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) gara-gara manipulasi data doping laboratorium Moskow.

Baca Juga

Menurut laman Inside The Games, Pengadilan Arbitrase Olah Raga(CAS) memangkas masa hukuman kepada Rusia dari empat tahun menjadi dua tahun.Akibatnya Rusia harus tampil menggunakan bendera netral dalam Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin di Beijing 2022.

Atlet Rusia juga dilarang mengatasnamakan negaranya, melainkan berstatus netral, baik Olimpiade, Paralimpiade maupun kejuaraan dunia.Awal bulan ini CAS menolak usul lagu Katyusha karena dianggap berkaitan langsung dengan Rusia sehingga bisa dianggap melanggar sanksi kepada Rusia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement