Jumat 26 Mar 2021 21:09 WIB

Sepeda Lipat Billiton Karya Anak Belitung Siap Mendunia

Sepeda Billiton memiliki material berkualitas tinggi, ringan dan kuat.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, di sela-sela kunjungannya ke PT Gema Air Masindo, Kabupaten Bogor, Kamis (25/3) untuk melihat secara langsung proses perakitan sepeda lipat Billiton
Foto: Pemprov Babel
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, di sela-sela kunjungannya ke PT Gema Air Masindo, Kabupaten Bogor, Kamis (25/3) untuk melihat secara langsung proses perakitan sepeda lipat Billiton

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan menyatakan sepeda lipat tiga Billiton buatan generasi muda Kabupaten Belitung siap bersaing di pasar dunia. Sepeda Billiton memiliki material berkualitas tinggi, ringan, dan kuat.

"Kami menyakini spesifikasi sepeda ini mampu menyaingi sepeda impor ternama seperti Brompton dan sejenisnya yang dihargai sampai ratusan juta rupiah," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat (26/3).

Baca Juga

Ia mengatakan, sepeda lipat tiga Billiton merupakan produk dengan spesifikasi gahar yang diyakini akan menjadi salah satu yang terbaik. Sama baiknya dengan dunia yang mengenal Billiton sebagai Belitung tempo dulu. Produksi sepeda lipat Billiton juga akan jadi menjadi titik balik untuk kian melambungkan nama Belitung yang terkenal dengan sejarah dan keindahan alamnya.

"Sepeda chrome lipat Billiton yang diproduksi PT Billiton Bike Indonesia ini 'hanya' berbobot 9,7 kilogram. Dibungkus dengan material khusus alumunium alloy 6061. Ini merupakan material berkualitas tinggi yang ringan dan kuat," ujarnya.

Ia menjelaskan, material tersebut digunakan di frame set, main frame, triangle, seat post, handle post, bottom bracket, hingga suspension block kemudian finishing menggunakan clear anodizing. Billiton dirakit menggunakan mesin CNC dengan tingkat presisi tinggi. Aksesorisnya juga diproduksi menggunakan mesin semi otomatis dengan teknisi profesional.Sepeda lipat Billiton tersebut juga telah lulus Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan sistem pendampingan manajemen mutu ISO 9001:2015 dengan nomor SNI 1049:2008 NPB 1-120-002-210392-5.

"Inilah gambaran yang tidak main-main yang disuntikkan ke sepeda lipat Billiton, sepeda lipat karya anak bangsa. Walaupun mungil tapi memiliki kekuatan luar biasa. Mampu menahan beban hingga 120 kilogram," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement