Jumat 26 Mar 2021 15:11 WIB

China Mengaku tak Ingin Gantikan AS Sebagai Negara Adidaya

China sebut tujuan utama mereka adalah untuk membuat kehidupan rakyat jadi lebih baik

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Hubungan AS dan China.
Foto: AP / Andy Wong
Hubungan AS dan China.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Duta Besar China untuk Amerika Serikat (AS) Cui Tiankai mengatakan, China tidak memiliki tujuan untuk menggantikan AS sebagai negara adi daya di dunia. Menurutnya, tujuan China adalah untuk membuat kehidupan rakyatnya menjadi lebih baik.

"Tujuan kami adalah untuk memenuhi inspirasi yang berkembang dari rakyat China untuk kehidupan yang lebih baik. Tujuan kami bukan untuk bersaing dengan, atau menggantikan negara lain. Ini tidak pernah menjadi strategi nasional kami," ujar Cui, dalam wawancara kepada CNN.

Baca Juga

Pernyataan Cui merupakan tanggapan atas komentar Presiden AS Joe yang mengatakan bahwa China memiliki tujuan untuk menjadi negara terkemuka, negara terkaya, dan negara paling kuat di dunia. Pernyataan Biden terkait dengan pertemuan pejabat tinggi AS dan China di Alaska yang berlangsung cukup sengit. Dalam pertemuan itu, kedua negara saling melontarkan kritik atas kebijakan masing-masing.

Cui mengatakan, pertemuan di Alaska dilakukan pada waktu yang tepat dan membantu kedua belah pihak untuk memiliki pemahaman lebih baik satu sama lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement