Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Alumni UBSI Tegal Sukses Jalankan Usaha di Masa Pandemi

Jumat 26 Mar 2021 11:42 WIB

Red: Irwan Kelana

Usaha konter milik Veni Hadayani di Slawi, Jawa Tengah.

Usaha konter milik Veni Hadayani di Slawi, Jawa Tengah.

Foto: Dok UBSI
"Kita harus berani mengambil risiko dan berani mencoba."

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL  – Kampus  Universitas  BSI (Bina Sarana Informatika) tidak hanya terkenal sebagai kampus digital yang mencetak alumni di  bidang teknologi saja, namun alumni Universitas BSI juga terampil menjadi seorang entrepreneur. BSI Entrepreneur Center (BEC) sukses membimbing dan mendidik mahasiswa maupun alumninya agar menjadi seorang yang menciptakan lapangan kerja. 

Veni Handayani atau  biasa di panggil Veni merupakan alumnus Universitas BSI yang sukses menjadi entrepreneur  dalam  bidang seluler (usaha konter). Mahasiswa jurusan Sistem Informasi ini sudah mulai  membuka usahanya sejak tahun 2018. Usaha yang dibangun berawal dari motivasi dari dalam diri Veni di  mana ia berkeinginan untuk melepas diri bekerja di tempat  orang lain dan ingin membuka peluang kerja bagi orang lai.  Dari situlah Veni mulai membuka usaha konternya.

“Kita harus berani mengambil risiko dan berani mencoba serta berusaha dengan sungguh-sungguh. Kerja keras dan kerja cerdas, kreativitas, inovatif, dan tentunya dibutuhkan keyakinan dari diri sendiri. Ketika gagal kita wajib mencoba lagi,” ujar Vina dalam rilis, Rabu (24/3). 

Veni mulai menjalankan usaha dengan membuka konter kecil bermodalkan uang seadanya. Ia memberanikan diri untuk menyewa sebuah ruko di daerah Curug-Pangkah Slawi, Jawa Tengah. Seiring berjalannya waktu, konter yang ia kelola semakin banyak pengunjung yang datang. 

“Alasan saya membuka usaha di bidang ini adalah adanya kemajuan teknologi smartphone yang semakin canggih dan pengguna yang semakin meningkat. Sehingga peluang bisnis ini semakin popular karena banyak orang yang membutuhkan smartphone dan kuota setiap saat,” ungkapnya. 

Veni berpesan untuk teman-teman Universitas BSI yang ingin berwirausaha harus berani mencoba hal  baru dan mengambil risiko. 

“Coba dulu saja, jangan kebanyakan bilang kata ‘nanti’. Tentunya dalam  menjalankan bisnis harus dipersiapkan dengan baik. Jangan gegabah. Explore itu penting. Siapapun  bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Jadi, jangan menyerah ya,”  imbuhnya.

Fuad Nur Hasan, ketua BEC Universitas BSI menanggapi ini sebagai salah satu contoh alumni yang semangat menekuni usaha, apalagi saat pandemi ini. 

"Tidak mudah untuk terus menekuni usaha selama pandemi. Veni ini merupakan contoh alumnus Universitas BSI kampusTegal yang menekuni usaha di bidang seluler. Semoga ke depannya ia lebih maju lagi dan dapat membuat produk sendiri sebagai usahanya," tutup Fuad. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA