Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Fakta-Fakta Husain Cucu Rasulullah, Dipenggal dan Dirampok

Jumat 26 Mar 2021 05:45 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Husain merupakan cucu Rasulullah yang syahid di Karbala Irak. Karbala

Foto:
Husain merupakan cucu Rasulullah yang syahid di Karbala Irak

Husain juga dikenal sebagai pemimpin pemuda di Surga. Dalam sebuah riwayat disebutkan: 

 الحسن والحسين سيدا شباب أهل الجنة، وأبوهما خير منهما  "Hasan dan Husain adalah dua pemimpin para pemuda penghuni surga. Sementara, ayah mereka berdua lebih baik daripada keduanya." (HR Ibnu Majah). 

Selama hidupnya Husain dikenal sebagai pemuda yang cerdas. Husain telah menghafal sekitar 129 hadits dan dibukukan Imam Ahmad. Bersama ayahnya, Husain pernah mengikuti banyak perang di antaranya Perang Jamal, Shiffin, dan khawarij. 

Setelah kematian ayahnya, dia juga berpartisipasi dalam penaklukan Afrika dan Asia, seperti yang dicatat para sejarawan. 

Saat wafat, Husain mati syahid pada Jumat atau Sabtu tanggal 10 Muharram dalam Pertempuran Karbala, Irak, pada 61 Hijriyah.

Imam  Muhammad Zaki al-Din Ibrahim dalam kitabnya Maraqid Ahli al-Baiti fi Al-Qahirah, menjelskan, Husain dibunuh Hawalli bin Yazid Al-Asbahi, dan kepalanya dibawa Syarif Sinan bin Anas al-Nakha'i, Shammar bin Dhi Al-Jushan, dan harta miliknya dijara kelompok Ishaq bin Khuwailid al-Khadrami. 

Kemudian jenazahnya dimakamkan di Karbala, Irak. Sedangkan kepalanya sempat ditempatkan atau diawetkan di Ashkelon, dari pos terdepan Palestina di Mediterania saat Perang Salib berkobar.  

Dan di masa Dinasti Fatimiyah, menterinya Al-Saleh Tala` bin Razik memberinya wewenang untuk memindahkannya ke Mesir hingga saat ini.  

Keluarga Husain 

Husain menikahi beberapa wanita karena berharap dapat memiliki keturunan banyak. Sebagaimana Rasulullah yang bangga karena umatnya yang banyak.  

Istri-istri Husain beserta anaknya di antaranya, pertama, Barra binti Urwa bin Mas'ud Al Thaqafi merupakan tokoh terhormat di Arab memiliki anak Ali As-Sayid. 

Kedua, Al-Umairah Masyhir Banu binti Khusra Syahansyah yang merupakan anak Raja Persia. Dari istrinya ini Husain memiliki dua putra, Imam  Ali Al-Awsat atau Al-Mutsanna dan Ali Al-Ashghar atau Al-Mutsalats atau Zainal Abidin Al-Sajjad .  

Ketiga Al-Rabab binti Imru Al-Qais Al-Kindi merupakan putri salah satu raja Arab. Darinya lahir anak bernama, Muhammad, Abdullah, Sakinatul Akbar, As-Shaghir. 

Keempat, Al-Qadahiyah lahir anaknya Jafar. Kelima, Umm Ishaq binti Thaliha bin Abdullah anak dari shahabat Rasulullah. Dia memiliki anak, Fatima dan Zainab. 

Namun keturunan yang hidup dari Husain bin Ali hanya yang berasal dari Ali Al-Ashghar atau Zainal Abidin dan putrinya Fatima dan Zainab. Namun dari putrinya, tak banyak keturunan yang lahir.

 

 

Sumber: masrawy

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA