Kamis 25 Mar 2021 20:28 WIB

Jangan Terlalu Banyak Makan Mi Instan, IDI: Jaga Asupan Gizi

Saat mengonsumsi makanan, jangan lupa mempertimbangkan zat gizinya.

Mie Instan (Ilustrasi)
Foto: hatfindo.com
Mie Instan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat diimbau menjaga keseimbangan asupan gizi pada makanan yang disantap, apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang. Ketua Umum PB IDI, Daeng M Faqih, mengatakan jangan terlalu banyak mengonsumsi mi instan, membeli makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng.

"Jangan lihat praktisnya saja, pertimbangkan zat gizinya, keseimbangan makronutrien dan mikronutrien termasuk yang membantu penyerapan di saluran cerna," kata dia dalam sebuah konferensi pers daring, Kamis (25/3).

Daeng mengatakan, pentingnya menjaga asupan gizi, salah satunya menjaga kesehatan saluran cerna dan daya tahan tubuh, khususnya anak. Penelitian menunjukkan, sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan.

Hal ini bisa terjadi karena saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik, yang pada akhirnya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Tubuh dan pikiran yang sehat, ditambah melakukan kepatuhan dalam tindakan pencegahan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dalam pergaulan sehari-hari, akan membuat anak semakin siap menangkal serangan Covid-19.

Dia menyebut, daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. "Tentunya kesehatan keluarga ini juga tidak terlepas dari peran para dokter yang ada dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan terhadap keluarga, termasuk untuk anak-anak," ujar Daeng.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement