Jumat 26 Mar 2021 02:15 WIB

Menanti Keputusan Mancini di Tim Inti Gli Azzurri

Timnas Italia tidak akan diperkuat sejumlah pemain inti yang cedera.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.
Foto: EPA-EFE/FEHIM DEMIR
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.

REPUBLIKA.CO.ID, PARMA -- Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, belum mengambil keputusan final soal pemain-pemain yang bakal mengisi tim inti Gli Azzurri di tiga laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Di laga perdana penyisihan Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022, Italia akan menjamu Irlandia Utara di Stadion Ennio Tardini, Jumat (26/3) dini hari WIB.

Kemudian, pada Ahad (28/3) waktu setempat, Italia bakal melawat ke markas Bulgaria. Setelah itu, Gli Azzurri menutup rentetan laga pembuka di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa kala menyambangi Lithuania, Rabu (31/3) waktu setempat.

Italia pun menatap tiga laga ini dengan optimisme tinggi usai menorehkan rekor tidak terkalahkan pada sepanjang 2020. Namun, di tiga partai tersebut, Italia tidak akan diperkuat sejumlah pemain, termasuk Jorginho, Bryan Cristante, dan Moise Kean.

Tidak hanya itu, penggawa-penggawa Inter Milan, seperti Nicolo Barella, Stefano Sensi, dan Alessandro Bastoni, juga terlambat bergabung bersama pemusatan latihan timnas Italia lantaran harus menjalani karantina usai adanya laporan positif Covid-19 di tim I Nerazzurri. Berbagai kondisi ini akhirnya membuat Mancini belum memberikan keputusan akhir soal pemain-pemain yang bakal menjadi tim inti La Nazionale.

Berbagai skenario pun muncul, terutama dalam pilihan pemain yang akan mengisi lini tengah Gli Azzurri. Dibanding di lini belakang ataupun lini depan, Mancini memang belum menentukan komposisi pemain inti di sektor lapangan tengah.

''Barella bisa dipilih untuk tampil di lini tengah, menemani Marco Verratti dan Manuel Locatelli, di laga kontra Irlandia Utara. Namun, Barella sepertinya akan absen di dua laga berikutnya,'' tulis laporan RAI Sports seperti dilansir Football Italia, Kamis (25/3).

Namun, masih ada kemungkinan lain yang bisa diambil eks pelatih Manchester City tersebut. Mancini dapat mempertimbangkan untuk menempatkan Lorenzo Pellegrini, Stefano Sensi, dan Barella dalam mengawal lapangan tengah La Nazionale.

Karena itu, berbagai komposisi pemain di lini tengah Italia masih terbuka begitu lebar. Kondisinya berbeda di lini depan. Mancini sepertinya sudah menentukan komposisi pemain inti di dua lini tersebut. Dengan menggunakan formasi 4-3-3, dua posisi di lini depan Italia sepertinya telah dipastikan menjadi milik Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile.

Federico Chiesa dan Domenico Berrardi dapat menjadi opsi dalam mengisi satu tempat terakhir di lini serang. Sementara di lini belakang, duet bek tengah Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini masih menjadi andalan di jantung pertahanan. Sedangkan di posisi bek sayap, Alessandro Florenzi kabarnya bakal diplot sebagai bek kanan dan Emerson Palmieri di posisi bek kiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement