Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Polisi: Artis GL Akui Pemeran Video Asusila

Kamis 25 Mar 2021 14:15 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Yudha Manggala P Putra

Smartphone. Ilustrasi

Smartphone. Ilustrasi

Foto: Reuters
Polisi mengatakan kasus ini dilaporkan langsung artis/selebgram GL Februari lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis pendatang baru yang juga selebgram GL mengakui bahwa dirinya adalah pemeran dalam video asusila yang sempat viral di media sosial. Kepastian itu dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

"Ya (GL mengakui pemeran video asusila)," ujar Yusri saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (25/3).

Dalam kesempatan itu, Yusri juga menyampaikan bahwa jajarannya telah menangkap pelaku pengancam atau upaya pemerasan terhadap GL yang juga sebagai selebgram. Melalui akun instagram @yudi.S03 pelaku berinisial YS (22) mengirimkan video asusila milik GL yang sempat viral di media sosial kepada GL sendiri dengan ancaman meminta uang.

"Dia crop sendiri, dia edit sendiri dan dia kirimkan ke media sosial milik pelapor dengan kalimat, 'kalau anda tidak ingin viral, saya membutuhkan uang. Maka video itu akan saya hapus'," kata Yusri.

Menurut Yusri, kasus ini berawal pada tanggal 8 Februari 2021 GL melihat akun instagramnya dan mendapatkan directmessage dari akun pelaku yang mengirimkan video asusilanya disertai ancaman upaya pemerasan. Selanjutnya pada GL membuat laporan ke Polda Metro Jaya dengan nomor LP/810/II/YAN.2.5./2021/SPKT PMJ, tanggal 11 Februari 2021. Kemudian petugas melakukan identifikasi terhadap akun terlapor tersebut.

"Kita profiling kemudian menemukan bahwa akun tersebut ada daerah Sumatra Utara di Kota Medan. Kita lakukan pengejaran di sana, kemarin hari Sabtu berhasil kita amankan pemilik dari akun tersebut, inisialnya adalah YS umurnya 22 tahun," ungkap Yusri.

Dari pengakuan awal, tersangka YS mengaku tindak pidana yang dilakukannya hanya iseng belaka dan berharap mendapatkan sejumlah uang dari GL. Karena ia pernah mengetahui ada yang berhasil mendapatkan uang dengan ancaman tersebut. Namun hingga saat ini, penyidik masih mendalami apakah ada permintaan nominal tertentu kepada GL.

"Pengakuannya satu kali dan ini adalah buktinya sudah lengkap ada di situ sesuai apa yang dilaporkan oleh pelapor dengan membawa bukti-bukti yang ada," kata Yusri.

Terkait kebenaran video asusila tersebut, kata Yusri, GL mengakui bahwa pemeran dalam video yang sempat viral itu adalah dirinya. Kemudian kasus penyebaran video asusilanya sendiri ditangani oleh Polres Jakarta Barat. Bahkan Polres Jakarta Barat sendiri sudah menangkap dua penyebar yang paling masif video asusila tersebut. "Iya (GL) mengakui bahwa itu videonya," tutur Yusri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA