Kamis 25 Mar 2021 11:42 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Bagikan Pengalaman Ikuti PMMB

Sertifikat  PMMB bisa digunakan untuk bekal mencari pekerjaan.

Mahasiswa Universitas BSI berbagi pengalaman mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa Universitas BSI berbagi pengalaman mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  – Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada mahasiswanya. Melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) BUMN, kampus Universitas BSI menyiapkan sumber daya manusia unggul dalam menghadapi persaingan dunia industri melalui link & match perguruan tinggi.

Setiap tahunnya, kampus Universitas BSI berkontribusi untuk mengirimkan mahasiswanya dalam program tersebut. Berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman telah banyak didapatkan oleh mahasiswa. 

Dina Pramesti, mahasiswi program studi (Prodi) administrasi bisnis membagikan pengalamannya selama mengikuti program magang di Perum  Bulog Divisi Perbendaharaan. Menurutnya, ia memperoleh berbagai pengalaman selama mengikuti magang berbagai pengalaman baru diperolehnya. 

“Lingkungan kerja yang baik membuat saya merasa nyaman selama magang di  sana. Selain itu materi perkuliahan  yang didapat juga bisa langsung diterapkan dalam lingkungan kerja. Berbagai ilmu dan pengalaman baru yang diperoleh membuat saya bangga bisa menjadi salah satu mahasiswa Universitas BSI yang terpilih mengikuti program BUMN ini. Nantinya sertifikat yang didapat, bisa digunakan untuk bekal mencari pekerjaan,” ujar Dina, Senin (22/3). 

Pengalaman lainnya datang dari mahasiswi prodi Sistem Informasi, Nabila Aulia Maharani yang magang di perusahaan sama namun divisi yang berbeda, yakni  SDM Perum Bulog. 

“Saya merasa senang karena, bisa merasakan dunia kerja yang sesuai dengan bidang yang sedang ditempuh dan lingkungan kerja yang kondusif serta mengajarkan kedisiplinan dan kebersamaan sesama pegawai maupun atasan,” ungkap Nabila dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Program Magang BUMN Batch 2 tahun 2020 dimulai pada bulan Agustus 2020 dan berakhir Februari 2021. Selama enam  bulan kegiatan magang, Deayu Rahmatia Putri dari prodi Manajemen Pajak yang ditempatkan pada divisi Akuntansi PT Hutama Karya (Persero) menjelaskan bahwa untuk mengikuti proses PMMB dari mulai proses pendaftaran hingga hasil matchup semuanya berbasis online. 

“Fasilitas/pelayanan yang diberikan oleh semua pihak baik dari kampus, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan perusahaan BUMN sangat memudahkan mahasiswa dalam proses pendaftaran hingga hasil matchup yang serba online apalagi di  saat pandemi ini, ” imbuh Deayu.

Menanggapi hal ini, Ketua BSI Career Center Rachmat Suryadithia berharap dengan banyaknya mahasiswa Universitas BSI yang berhasil lolos mengikuti program PMMB ini mampu menjawab tantangan industri global dalam mempersiapkan SDM yang memenuhi hardskill dan softskill dalam dunia industri kerja. 

“Semoga saat pengalaman magang selama 6 bulan kemarin di BUMN,  rekan mahasiswa dapat mengimplementasikan kompetensi pribadi dalam hal skill, knowledge dan attitude. Buat rekan mahasiswa yang masih semester 4, persiapkan diri terutama dari segi nilai untuk  dipertahankan minimal 3.00 dan tidak ada niai D atau E di setiap matakuliah, agar dapat mendaftarkan diri dalam PMMB berikutnya,” pesan Rachmat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement