Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Top 5 News: HRS tak Bisa Diadili, Jhoni Allen Lolos dari PAW

Kamis 25 Mar 2021 09:02 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Habib Rizieq Shihab (HRS) menjalani sidang atas dakwaan atas pelanggaran kerumunan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan dan Megamendung.

Foto:
Pakar hukum berpendapat HRS tidak bisa disidang dua kali.

4. 360 Juta Ikan Mas Penuhi Saluran Air Australia Saat Hujan
JAKARTA -- Sebuah penelitian di Australia menemukan, sebanyak 360 juta ekor ikan mas tinggal di saluran air Australia di tahun yang 'basah' ini. Sementara di 'tahun biasa', jumlah ikan mas bisa turun hingga 200 juta. Hal ini disampaikan ilmuwan yang terlibat dalam penyusunan Rencana Pengendalian Ikan Mas Nasional di Australia.

Mereka telah mencatat biomassa dan massa jenis dari ikan yang dikenal dengan sebutan tersebut dalam studi pertama di Australia yang diterbitkan di jurnal Konservasi Biologis. Kelompok peneliti itu telah mengumpulkan data dari 4.831 titik di seluruh tipe habitat ikan mas, seperti sungai, lembah, lahan basah, dan 'billabong' atau muara sungai yang buntu.

Kepala ilmuwan Institut Arthur Rylah Bidang Penelitian Lingkungan, Jarod Lyon mengatakan 96 persen ikan mas yang teridentifikasi ditemukan di daerah pantai timur Australia.

Ikan mas

"Ketika jumlahnya mulai di atas 100 kilogram, per hektar, mulai muncul dampak terhadap segala jenis biota, tumbuhan air, ikan, dan burung dan binatang lainnya."

Menurutnya, di beberapa lahan basah, jumlah ikannya bisa mencapai hingga 1.000 kg per hektar, yang dampaknya jauh melebihi dari apa yang selama ini kita ketahui.

Baca berita selengkapnya di sini.
5. Bolehkah Makan Telur Setiap Hari? Ini Kata 4 Ahli Gizi
JAKARTA -- Telur sering kali digadang sebagai salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi. Namun, di sisi lain, telur juga kerap dicap sebagai makanan yang kurang baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Pendapat yang beragam mengenai telur ini tentu bisa memunculkan kebingungan. Kabar baiknya, beberapa ahli gizi mengungkapkan bahwa telur baik untuk dikonsumsi dan boleh disantap setiap hari.

Menurut Ahli Gizi Maryann Walsh RD
Maryann mengungkapkan bahwa telur bisa menjadi salah satu sumber makanan bergizi dalam pola makan sehari-hari. Selain tinggi protein, telur juga diperkaya dengan beragam zat gizi lain.

Berdasarkan beberapa penelitian, Maryann mengatakan konsumsi satu atau dua telur per hari tak memunculkan masalah pada kadar kolesterol sebagian besar orang. Namun, orang-orang yang sejak awal sudah memiliki kadar kolesterol tinggi peru lebih membatasi konsumsi telur menjadi kurang dari satu butir per hari.

Telur sering kali digadang sebagai makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi (Foto: ilustrasi telur)

Menurut Maryann, merupakan hal yang konyol untuk mengkambinghitamkan telur. Alasannya, telur dapat menjadi bagian dalam pola makan sehat. Maryann mengatakan, telur juga dapat menjadi "kendaraan" yang baik untuk menambah asupan sayur, misalnya lewat sajian omelete sayur dengan keju.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA