Kamis 25 Mar 2021 08:28 WIB

Joe Biden Tunjuk Kamala Harris untuk Kendalikan Arus Migran

Pemerintahan Biden menghadapi kritik atas kedatangan sejumlah besar migran

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
 Wakil Presiden AS Kamala Harris
Foto: EPA-EFE/KEVIN DIETSCH
Wakil Presiden AS Kamala Harris

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, telah menunjuk Wakil Presiden, Kamala Harris, untuk memimpin upaya mengendalikan arus imigran yang masuk ke negara itu. Harris akan bersama dengan Meksiko dan negara-negara Segitiga Utara Amerika Tengah dalam rencana itu.

"Saya tidak bisa memikirkan tidak ada orang yang lebih memenuhi syarat untuk melakukan ini," ujar Biden mengumumkan langkah tersebut pada pertemuan Gedung Putih dengan tim imigrasinya Rabu (24/3).

Baca Juga

Biden menegaskan, Harris akan menjadi perwakilannya untuk membahas masalah imigran. "Ketika dia berbicara, dia berbicara untuk saya. Dia tidak perlu menanyakanku," katanya.

Biden mengatakan, AS akan menginvestasikan 700 juta dolar AS ke dalam rencana pembangunan untuk negara-negara Segitiga Utara Honduras, Guatemala dan El Salvador. Langkah ini sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi akar penyebab migrasi.

"Alasan mengapa begitu banyak orang pergi, kami pelajari bukan hanya kekerasan geng dan perdagangan manusia dan kartel, tetapi bencana alam, angin topan, banjir, gempa bumi,” kata Biden.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement