Kamis 25 Mar 2021 04:36 WIB

Emil: Jembatan Penghubung Sukabumi-Cianjur Dongkrak Ekonomi

Emil janji akan membangun kafe atau sarana pariwisata agar perekonomian meningkat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3)
Foto: diskominfo kab. sukabumi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pembangunan Jembatan Cibuni mampu mendongkrak perekonomian warga dari dua daerah tersebut. Jembatan ini menjadi penghubung antara Kabupaten Sukabumi dan Cianjur di wilayah selatan Jabar.

"Jembatan Cibuni ini memiliki panjang 120 meter dengan lebar delapan meter berada di perbatasan wilayah selatan tepatnya di Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur. Keberadaan jembatan ini tentunya sangat efektif untuk membantu mobilitas warga khususnya di bidang perekonomian," kata Kang Emil sapaan akrabnya di sela peresmian Jembatan Cibuni di Sukabumi, Rabu (24/3).

Baca Juga

Menurutnya, meskipun peresmiannya sempat tertunda selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, keberadaan jembatan ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat sekitar karena dapat meningkatkan kualitas perekonomian dan kesejahteraan hidup warga yang tinggal di wilayah selatan itu. Akses perekonomian warga di dua daerah itu, ujar dia, akan semakin lebih cepat dan mudah serta biaya operasional masyarakat mulai dari menjual hasil bumi, bekerja dan lainnya lebih ringan karena jarak yang semakin dekat.

Ia mengapreasi keterlibatan masyarakat yang berkolaborasi dengan pemerintah setempat sehingga mampu mewujudkan keinginannya dengan membuat jembatan penghubung antara dua daerah yang terluas di Jabar ini. Selain itu, orang nomor satu di Jabar ini berjanji tidak akan membongkar jembatan yang lama, tetapi akan dijadikan objek wisata dan sarana nostalgia warga di mana sebelum ada Jembatan Cibuni ini, warga di dua daerah tersebut memanfaatkan akses jembatan lama yang kondisinya memprihatinkan.

"Ke depannya kami pun akan membangun kafe atau sarana pariwisata lainnnya agar perekonomian warga sekitar semakin meningkat. Saya pun tekankan pembangunan jembatan ini tidak akan pernah terwujud tanpa adanya keterlibatan masyarakat," tambahnya.

Sementara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan Jembatan Cibuni ini tidak hanya menjadi kebanggaan warga Kabupaten Sukabumi saja, tetapi warga Kabupaten Cianjur. Namun, yang terpenting dari adanya jembatan ini akses sosial, ekonomi, jasa dan lainnya akan lebih mudah serta cepat.

"Akses perekonomian, pendidikan dan kesehatan menjadi lebih mudah dengan kehadiran jembatan ini. Kami pun mengimbau kepada warga untuk memanfaatkannya dan menjaganya," katanya.

Dalam peresmian jembatan tersebut turut hadir unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi dan Cianjur, pada kesempatan itu pun Ridwan Kamil menandatangani prasasti yang akan dipasang di jembatan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement