Rabu 24 Mar 2021 21:47 WIB

Digitalisasi UMKM Lewat Krealogi

Masih banyak sekali segmen UMKM ini tidak paham dengan dunia digital.

Digitalisasi UMKM Lewat Krealogi (ilustrasi).
Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA
Digitalisasi UMKM Lewat Krealogi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Meskipun dikategorikan usaha kecil, UMKM harus bersaing dengan perusahaan besar terutama dalam hal teknologi. Beberapa UMKM harus berusaha memahami cara mengoperasikan jual beli secara online.

Namun, masih banyak sekali segmen UMKM ini tidak paham dengan dunia digital. Akibatnya, mereka harus kalah bersaing dengan perusahaan besar, bahkan kalah bersaing dengan perusahaan luar negeri yang bisa dengan mudah menjual ke Indonesia lewat daring.

Krealogi, sebuah aplikasi bagi usaha kreatif, dimana para pelaku ataupun penggiat UMKM Kriya bisa mengembangkan usahanya, fokus dengan hal ini. Krealogi hadir untuk meningkatkan pengelolaan operasional hingga komunikasi dengan pihak eksternal secara digital.

Krealogi menggunakan teknologi berbasis aplikasi untuk rantai pasok, yang didasari oleh pengalaman Du Anyam dalam menjalankan dan mengembangkan manajemen, serta sistem rantai pasok Kriya dari daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Krealogi menawarkan solusi aplikasi ramah pengguna untuk membantu pencatatan kegiatan operasional, seperti mengelola dan mengecek pesanan, produksi, biaya dan stok yang dapat membantu UMKM menjadi pemasok yang handal.

Ada tiga fitur unggulan dari aplikasi Krealogi seperti manajemen order, perencanaan produksi, dan penghitungan biaya produksi. Ketiga fitur itu bisa membantu UMKM untuk:

1. Merencanakan jadwal produksi, pekerja, dan penghitungan HPP.

2. Memantau produksi, standar kualitas, dan pengeluaran biaya.

3. Evaluasi usaha untuk perbaikan, perluasan pasar, dan modal kerja.

“Tahun lalu, Krealogi mendapat peringkat ketiga Pahlawan Digital UMKM. Membawa solusi digital bagi UMKM kriya yang hampir semua pengusahanya itu perempuan,” ungkap Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Putri Tanjung, dalam webinar peluncuran resmi aplikasi Krealogi, Selasa (23/3).

“Akhirnya mereka bisa mendapat akses. Inilah pentingnya digitalisasi. Selama pandemi, banyak yang pendapatannya berkurang bahkan ada yang sampai harus tutup. Selain itu memang dikarenakan adanya perubahan kebutuhan juga,” papar dia lagi.

Krealogi merupakan salah satu inisiatif Du Anyam untuk berinovasi selama masa pandemi. Hingga Maret 2021, aplikasi Krealogi sudah diunduh mencapai 10 ribu pengguna, dan terus membantu UMKM untuk dapat melakukan digitalisasi rantai pasok.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement