Rabu 24 Mar 2021 20:49 WIB

Pengusaha Bus Minta Terminal Anak Air Padang Diperbaiki

Pembangunan Terminal Anak Air hampir rampung, namun masih banyak kendala.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Terminal. ilustrasi
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Terminal. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Direktur Utama PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) Kurnia Lesani Adnan meminta pemerintah melakukan perbaikan Terminal Anak Air, Padang. Walau belum bisa dioperasikan menurut Kurnia terminal tersebut masih perlu perbaikan supaya dapat memberikan kenyamanan untuk penumpang dan juga pihak transportasi.

"Kami merasakan, terminal ini harus ada beberapa perbaikan lagi. Tentunya ini demi kenyamanan dan keamanan baik unit bus dan penumpang di terminal ini," kata Kurnia, Rabu (24/3).

Baca Juga

Pembangunan Terminal Anak Air hampir rampung. Namun di terminal yang menyerupai bandar udara itu, masih ditemukan sejumlah kendala. Kendala-kendala itu ditemukan saat Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ahmad Yani bersama Tim PerpalZ TV menyempatkan diri untuk menyambangi terminal Anak Air.

Menilik proses pembangunannya, bisa dikatakan terminal tipe A Anak Air nyaris 100 persen rampung. Tampilan terminal ini menyerupai Bandara. Beberapa kendala itu antara lain, sulitnya bus berukuran besar masuk ke dalam area terminal. Padahal hampir semua bus antar kota antar provinsi (AKAP) berukuran besar. Akses masuk dan pintu gerbangnya dianggap terlalu sempit.

Begitu juga pada lorong pemberhentian bus, akses untuk bus-bus besar yang panjang dirasakan kurang memadai. Terminal ini merupakan terminal bus utama di kota Padang, menggantikan terminal Lintas Andalas yang berubah menjadi Plaza Andalas dan terminal Bengkuang yang berubah menjadi Balaikota Padang.

Peletakkan batu pertama pembangunan terminal Anak Air ini dilakukan pada 9 Februari 2018 oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumatra Barat Deny Kusdyana juga memaparkan akan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna memaksimalkan kesiapan terminal tipe A Anak Air.

“Seperti yang disampaikan oleh bapak direktur, secara bertahap kami akan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait guna memaksimalkan pengoperasian terminal Anak Air ini. Tentunya beberapa titik yang bermasalah ini akan kita maksimalkan perbaikannya,” ucap Deny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement