Rabu 24 Mar 2021 19:26 WIB

Benarkah Tekanan Darah Tinggi Tingkatkan Risiko Mimisan?

Anda harus berhati-hati apabila mimisan terjadi 20 menit dengan aliran darah deras.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Mimisan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Mimisan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Topik perdebatan apakah tekanan darah tinggi menyebabkan peningkatan risiko mimisan atau tidak, masih terjadi hingga kini. Meskipun tekanan darah tinggi tidak diketahui secara langsung menyebabkan mimisan, namun ada kemungkinan hal itu dapat menyebabkan pembuluh darah di hidung lebih rentan terhadap kerusakan dan meningkatkan waktu perdarahan.

Dalam studi yang dilakukan pada 2020, para peneliti menggunakan data dari Layanan Asuransi Kesehatan Nasional Korea untuk memeriksa risiko mimisan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Mereka memeriksa partisipan yang tergabung dalam sebuah kelompok yang berisi 35.749 orang. 

Para peneliti menemukan orang dengan riwayat hipertensi memiliki peningkatan risiko mimisan yang membutuhkan kunjungan rumah sakit dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Sementara, menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi tidak menyebabkan mimisan kecuali jika Anda memiliki tekanan darah yang sangat tinggi yang disebut krisis hipertensi.

Krisis hipertensi adalah lonjakan tiba-tiba tekanan darah melebihi 180/120 mm Hg yang dapat mengancam jiwa. Ini adalah keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan medis segera.

Saat tekanan darah mencapai level tersebut, Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan kondisi serius seperti serangan jantung, strok, kerusakan ginjal, eklamsia, kerusakan mata, dan edema paru. 

Orang yang mengalami krisis hipertensi seringkali mengalami mimisan akibat kerusakan pembuluh darah di hidungnya. Gejala umum lainnya termasuk sakit kepala, kecemasan yang parah, sesak napas, nyeri dada, kebingungan, mual, dan muntah. 

Tekanan darah tinggi sering disebut silent killer. Biasanya tidak menghasilkan gejala yang nyata kecuali Anda mengalami krisis hipertensi. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan tes.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menyadarinya tanpa tes, tekanan darah tinggi kronis dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan sejumlah kondisi serius seperti gagal jantung, serangan jantung, strok, serangan iskemik transien (TIA), dan penyakit ginjal.

Hampir setengah dari orang dewasa Amerika memiliki tekanan darah tinggi. Relatif umum mengalami tekanan darah tinggi dan juga mengalami mimisan karena alasan yang tidak terkait.

Terkena udara kering, mengupil, dan banyak kondisi lainnya dapat menyebabkan mimisan. Mimisan dan tekanan darah tinggi bersamaan juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan terlarang seperti kokain.

Mimisan sendiri sering kali tidak berbahaya. Sumber terpercaya yang paling umum dari mimisan adalah mengupil. Kondisi yang mengeringkan selaput hidung, beberapa obat, dan cedera juga merupakan penyebab umum.

Beberapa kondisi yang memengaruhi sistem peredaran darah Anda juga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami mimisan termasuk minum alkohol terlalu sering, kanker, kelainan bentuk pembuluh darah, penyakit von Willebrand, dan hemofilia.

Kebanyakan mimisan bukan pertanda kondisi yang serius. Namun, jika pendarahan berlangsung lebih dari 20 menit, aliran darah deras, atau terjadi setelah cedera kepala, Anda harus menemui dokter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement