Rabu 24 Mar 2021 16:45 WIB

Jembatan Penghubung Sukabumi-Cianjur Diresmikan

Jembatan yang memiliki panjang 120 meter ini mulai dibangun sejak 10 Juni 2020 lalu.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3)
Foto: diskominfo kab. sukabumi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Cibuni di Kampung Cipanas Desa Cidadap Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi , Rabu (24/3). Keberadaan jembatan ini untuk mempermudah warga dalam mobilitas supaya tingkat kesejahteraa warga meningkat.

"Jembatan ini bisa mempercepat akses untuk jual beli warga, termasuk promosi wisata di sekitar wilayah Kecamatan Cidadap Sukabumi dan Cijati Cianjur bisa lebih lancar," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya. Di sisi lain jembatan lama akan dimanfaatkan sebagai pendukung sektor pariwisata.

Misalnya kata Emil, nantinya bisa membuat cafe di atas jembatan lama dan harus ada tambahan-tambahan agar pengunjung bisa swafoto. Sehingga perekonomian warga meningkat.

Pembangunan di Jabar kata Emil, tidak harus selalu menunggu anggaran pemerintah. Sebab pembangunan infrastruktur di Jabar bisa menggunakan pola penugasan BUMD misalnya untuk pembangunan rumah sakit, jalan, hingga sekolah.

" Kami punya program pembangunann 25 Rumah sakit dan 1.000 Puskesmas tanpa APBD, segera usulkan dan agar bisa direspon cepat oleh Cianjur dan Sukabumi," imbuh Emil. Dalam kesempatan tersebut Gubernur selain mengajak untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan mensukseskan vaksinasi, Emil juga mengajak untuk mempromosikan pariwisata lokal, Gubernur menyampaikan bahwa hakikat menjadi pemimpin harus bisa memberikan perubahan bagi masyarakat. Dalam artian bisa kepemimpinannya bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.

Seperti diketahui, jembatan yang memiliki panjang 120 meter ini mulai dibangun sejak 10 Juni 2020 lalu. Jembatan yang berada di perbatasan antara Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

" Peresmian ini sangat ditunggu tunggu masyarakat, sejak 3 bulan sebelumnya,'' kata Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Harapannya potensi yang dimiliki ini akan didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebab ungkap Marwan, sebelumnya banyak kecelakaan yang terjadi di jembatan lama dan harapan yang dinantikan ini terwujud. Selain lalulintas orang dan barang lancar, jembatan dan infrastruktur yang telah dibangun memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

" Kami di Sagaranten membangun rumah sakit dan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mereka termudahkan dengan dibangunnya infrastruktur ini," kata Marwan. Pembangunan RSUD di Sagaranten sebagai bentuk pelayanan prima kesehatan untuk masyarakat.

" Kami meminta bantuan pak Gubernur untuk membangun infrastruktur yang ada di Kabupaten Sukabumi, dan kami akan berbahagia sebagai pemimpin karena bisa melihat masyarakat berbahagia" kata Marwan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement