Rabu 24 Mar 2021 16:54 WIB

1.000 Titik PJU Tenaga Surya akan Dipasang di Bangka Tengah

Pemasangan PJUTS tersebut dengan sasaran desa tertinggal dan terpencil di daerah

Lampu penerangan jalan tenaga surya, (ilustrasi).  Sebanyak 1.000 titik sarana penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) akan dipasang di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Lampu penerangan jalan tenaga surya, (ilustrasi). Sebanyak 1.000 titik sarana penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) akan dipasang di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Sebanyak 1.000 titik sarana penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) akan dipasang di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Kami menyiapkan 1.000 titik pemasangan pada enam kecamatan di Bangka Tengah," kata Ketua Tim Pelaksana Harian Lapangan pada Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia, Denny Wijaya di Koba, Selasa (23/3) lalu.

Baca Juga

Pemasangan PJUTS tersebut dengan sasaran desa tertinggal dan terpencil di daerah tersebut yang berkoordinasi atau bekerja sama dengan pemerintah daerah. "Kami harus mendapatkan persetujuan dari kepala daerah sebelum dilakukan pemasangan, namun titik koordinat pemasangan sudah ada," ujarnya.

Pemasangan dan pengerjaan sebanyak 1.000 titik PJUTS itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia. "Semuanya menjadi tanggung jawab yayasan, setelah terpasang maka pengelolaan sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah daerah," ujarnya.

 

Program pemasangan sarana PJUTS tersebut dilaksanakan secara merata pada seluruh daerah kabupaten di Indonesia. "Ini bentuk kontribusi pihak yayasan dalam membantu pemerintah akan kebutuhan energi listrik terutama lampu jalan untuk desa tertinggal dan terpencil," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement