Rabu 24 Mar 2021 14:22 WIB

Jakpro: Kompetisi Formula E Jakarta Bakal Digelar 2022

Jakarta tuan rumah Formula E sejajar New York, Meksiko, Roma, dan Paris.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pebalap BMW saat beraksi di ajang Formula E.
Foto: EPA-EFE/Jose Mendez
Pebalap BMW saat beraksi di ajang Formula E.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan, kompetisi Formula E Jakarta rencananya digelar pada 2022, setelah sebelumnya tertunda akibat pandemi Covid-19."Persiapan jauh lebih mudah, karena sudah disiapkan dari tahun 2020," kata Project Director Sportainment Jakpro, M Maulana di Jakarta, Rabu (24/3).

Maulana menjelaskan, penyelenggara terus melakukan diskusi dengan pihak swasta dan pihak terkait untuk kesuksesan gelaran kompetisi bertaraf Internasional tersebut. Maulana menegaskan, ajang Formula E adalah gelaran Pemprov DKI Jakarta. Sementara Jakpro sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) DKI yang ditugaskan melaksanakan even tersebut sesuai dengan Pergub 83 Tahun 2019.

Menurut dia, penyelenggara masih mempertimbangkan beberapa lokasi yang memiliki potensi untuk menunjukkan city branding dan ikon-ikon kota Jakarta. "Jakarta akan jadi sorotan dunia dan akan dilihat seluruh dunia," ujar Maulana.

Kompetisi itu juga mendukung program Jakarta Langit Biru yang diusung oleh Pemprov DKI selaras dengan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (battery electric vehicle) untuk Transportasi Jalan. Selain itu, perhelatantersebut berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan pendapatan asli daerah (PAD) Jakarta.

Dengan menjadi tuan rumah Formula E, Kota Jakarta termasuk dalam daftar kota yang sangat istimewa, sejajar dengan New York, Meksiko, Roma, dan Paris," kata Maulana. Penyelenggaraan event internasional itu dianggap masih menguntungkan secara materil dan imateril.

Event itu menjadi salah satu pemicu bangkitnya kembali ekonomi Jakarta dan Indonesia yang terpuruk akibat pandemi global Covid-19. "Akan banyak orang dari dalam dan luar negeri yang datang ke Jakarta, berbelanja di Jakarta, dan menginap di Jakarta," jelas Maulana.

Baca juga : Gugatan di PN Selamatkan Jhoni Allen dari PAW

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement