Rabu 24 Mar 2021 13:42 WIB

Lima Film Disney yang Lebih Cocok Ditonton Saat Dewasa

Sebagian deretan tayangan ini bisa membangkitkan nostalgia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film Tangled.
Foto: Disney.
Film Tangled.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film-film animasi Disney telah menemani penggemar sinema sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Menyimak kembali deretan tayangan itu bisa menerbitkan rasa nostalgia dan membangkitkan memori masa kanak-kanak yang menyenangkan.

Sebagian dari film malah terasa lebih cocok ditonton saat dewasa. Entah karena muatan berat yang diusung atau dialog yang bisa lebih dimengerti orang dewasa, ada level pemahaman baru yang muncul. Berikut lima film Disney yang punya kesan demikian, seperti dilnsir di laman CBR, Rabu (24/3):

1. Tangled (2010)

photo
Film Tangled. - (Disney.)

Dalam film ini, banyak tema berat yang mungkin luput dari benak anak-anak saat menyimaknya. Salah satunya tentang karakter antagonis Ibu Gothel, yang jenis kejahatannya bisa benar terjadi di dunia nyata. Penonton dewasa dinilai bisa lebih mendalami simbolisasi dalam film.

2. Enchanted (2007)

photo
Film Enchanted. - (Disney.)

Gabungan antara animasi dan live action ini memang penuh musik, menyenangkan untuk bernyanyi bersama. Namun di balik itu, ada banyak lelucon yang bisa jadi kurang dimengerti oleh anak-anak. Sebagian baru disadari ketika sudah dewasa dan menontonnya lagi.

3. Lilo & Stitch (2002)

photo
Film Lilo and Stitch. - (Disney.)

Kisah kakak beradik Nani dan Lilo serta alien bernama Stitch ini selalu menyenangkan disimak ulang. Orang dewasa yang menontonnya lagi akan menyadari ada banyak momen mengharukan yang sangat unik, tentu memuat pesan tentang pentingnya keluarga.

4. The Emperor’s New Groove (2000)

photo
Film The Emperors New Groove. - (Disney.)

Berbagai refleksi kehidupan bisa dipetik dari konflik tokoh utama film ini. Kaisar bernama Kuzco yang sangat egois harus menerima fakta dirinya berubah jadi hewan llama. Visual dan dialognya sangat lucu, tapi orang dewasa bakal lebih memahami apa yang tersirat.

5. Tarzan (1999)

photo
Film Tarzan. - (Disney.)

Selain kelucuan para satwa, kisah klasik menarik, serta iringan musik indah, film ini sebenarnya punya banyak momen gelap. Saat orang tua Tarzan meninggal, juga beberapa pembunuhan serta kematian lain. Tentu lebih pas ketika disimak lagi ketika sudah dewasa.

Beberapa judul film Disney lain yang dianggap punya kesan serupa antara lain The Hunchback of Notre Dame (1996) serta A Goofy Movie (1995). Begitu pula sinema populer the Lion King (1994), Beauty and the Beast (1991), dan Fantasia (1940).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement