Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sidang Offline HRS, Polisi: Tak Ada Skenario Baru Pengamanan

Rabu 24 Mar 2021 12:52 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andri Saubani

Kawat berduri dipasang di area Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur. (ilustrasi)

Kawat berduri dipasang di area Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur. (ilustrasi)

Foto: Republika/Thoudy Badai
HRS akan menjalani sidang secara langsung di PN Jaktim pada Jumat (26/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan, tidak akan ada skenario dan pengamanan khusus di sidang offline Habib Rizieq Shihab Jumat (26/3) mendatang. Pihaknya, kata dia, masih akan tetap sama dalam membantu PN Jakarta Timur menyoal pengamanan sidang.

"Skenario baru tidak akan ada, sama saja kaya kemarin ya," ujar dia kepada Republika, Rabu (24/3).

Namun demikian, lebih lanjut mengenai pengamanan pihaknya tidak bisa memastikan. Menurut Yusri, segala sesuatu termasuk pengamanan sidang HRS diserahkan kepada pengadilan.

Baca Juga

"Kita membantu pengadilan saja untuk pengamanan. Kan masih lama juga masih hari Jumat," jelasnya.

Ketika ditanya perihal massa yang akan datang dalam sidang offline ke depannya ia menampik wacana tersebut. Meskipun, dalam sidang daring kemarin, beberapa massa simpatisan HRS tetap datang ke PN Jaktim.

In Picture: Sejumlah Perempuan Hadiri Sidang Habib Rizieq Shihab

photo
Sejumlah perempuan melakukan aksi saat berlangsungnya sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (23/3/2021). Sidang tersebut beragendakan pembacaan nota keberatan atau eksepsi. - (Antara/Rivan Awal Lingga)
 



Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) mengabulkan permohonan tim kuasa hukum HRS menyoal sidang secara langsung. Menurut putusan Majelis Hakim PN Jaktim yang diketuai oleh Suparman Nyompa dalam sidang kemarin, perkara HRS dengan nomor 221 soal kerumunan Petamburan dan nomor 226 soal kerumunan di Megamendung akan dihadiri terdakwa langsung.

Menanggapi persetujuan Majelis Hakim itu, tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab yang diwakili oleh Alamsyah Hanafiah, memberikan jaminan bahwa kliennya akan tetap menjalankan protokol kesehatan saat nanti dihadirkan dalam ruang persidangan. Lebih lanjut, Alamsyah menambahkan, jaminan itu telah ditandatangani secara resmi.

Baca juga : Menyoal Lokasi Sidang Perkara-Perkara HRS

"Di luar itu kita hanya mengimbau supaya jangan berkerumun. Kalau yang di dalam kita jamin (tidak ada)" jelas dia.

Alamsyah mengimbau kepada simpatisan dan pendukung untuk tidak berkerumun. Termasuk, bisa menjaga ketertiban lalu lintas di sekitar PN Jaktim. Hal itu, demi kelancaran sidang HRS setelah Majelis Hakim mengabulkan keberatan sidang daring.

photo
Pasal yang Menjerat Habib Rizieq - (republika)


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA