Rabu 24 Mar 2021 11:18 WIB

Seskoad Analisis Gelar Kekuatan Matra Darat di Ibu Kota Baru

TNI AD meneliti pembangunan ibu kota negara di Penajam Paser Utara dan Kutai Timur.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Tim Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) mengadakan penelitian dan pengembangan khusus pertahanan (litbanghan) gelar kekuatan matra darat di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Seskoad telah membentuk tim litbanghan analisis gelar kekuatan matra darat terkait pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kaltim," kata Kolonel Czi Dian Hendriana Surachman saat melakukan kunjungan di kantor Gubernur Kaltim, di Kota Samarinda, Selasa (24/3).

Tim dipimpin Kabid Jianbangdik Seskoad Kolonel Czi Dian Hendriana Surachman didampingi Kolonel Chb Muhammad Muhson, Letkol Inf Amir Ma'ruf, dan Asep Cahyawan diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim HM Jauhar Efendi di Ruang Rapat Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim.

Dian menjelaskan, secara keseluruhan ada empat tim yang dibentuk Seskoad, terdiri dua tim di Jakarta terkait kebijakan pemerintah pusat terkait IKN di Kaltim. Kemudian dua tim turun ke Kaltim, dan yang satu tim di Balikpapan mengarah ke Polda Kaltim, Pemkot Balikpapan, dan Kodam VI/Mulawarman. "(Rabu) Besok, kita ke Kutai Kartanegara," kata Dian.

Dia mengatakan, tim Litbanghan berada di Kaltim selama empat hari, yaitu pada 22-25 Maret 2021  terkait penyiapan gelar pasukan matra darat untuk mendukung dan penyangga IKN baru.Terhadap kegiatan tim litbanghan Seskoad, Jauhar menyampaikan, Pemprov Kaltim memberikan dukungan penuh.

"Karena itu, kita siap memberikan data-data apa saja yang diperlukan," ujar Dian. Dia berharap penelitian itu menjadi dasar kebijakan yang lebih baik dalam percepatan pembangunan IKN di Kaltim, meliputi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement