Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Survei: Sandiaga Masuk Lima Besar Capres Pilihan Anak Muda

Rabu 24 Mar 2021 01:23 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno

Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Survei menunjukan belum ada nama yang elektabilitasnya terpaut signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis nama-nama calon presiden (capres) 2024 pilihan anak muda. Salah satu nama yang tersorot dalam daftar kandidat kepala negara pilihan itu adalah Sandiaga Uno yang masuk lima besar capres pilihan anak muda di 2024.

"Kalau ditanya kepada anak muda 17 nama, secara umum tidak ada nama yang dominan dan selisih yang signifikan," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan, Selasa (23/3).

Baca Juga

Metode survei menggunakan simple random sampling terhadap 206.983 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh nusantara. Responden juga pernah diwawancarai secara tatap muka langsung dalam rentang dua tahun terakhir.

Survei memiliki Margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada Maret 2018-2020 dengan total survei sampel yang berhasil di wawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21 tahun.

Survei menangkap Anies Baswedan di peringkat teratas sebagai capres pilihan jika diberi pertanyaan kalau pemilihan presiden dilakukan saat ini. Gubernur DKI Jakarta itu memiliki tingkat keterpilihan sebesar 15,2 persen.

Disusul, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (13,7 persen) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil (10,2 persen). Selain tiga nama itu, urutan capres pilihan anak muda lainnya yakni Sandiaga Uno (9,8 persen) dan Prabowo Subianto (9,5 persen).

Burhanuddin mengatakan, suara pemilih Presiden Joko Widodo diprediksi akan menyebar ke beberapa nama. Sedangkan suara Anies berasal dari pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

"Secara umum, sesuai dengan temuan kami juga pemilih Pak Jokowi itu menyebar, sementara Anies paling banyak, dia mendapatkan dukungan diantara mereka yang mencoblos Pak Prabowo-Sandi di 2019 kemarin," katanya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA