Rabu 24 Mar 2021 00:05 WIB

Kelaparan Sebelum Tidur? Makanan Ini Aman Dikonsumsi

Para ahli menganjurkan untuk tidak makan tepat sebelum tidur.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Para ahli menganjurkan untuk tidak makan tepat sebelum tidur.
Foto: PxHere
Para ahli menganjurkan untuk tidak makan tepat sebelum tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terjebak lapar di malam hari sebelum tidur pasti pernah dialami siapapun. Sayangnya, para ahli tak menganjurkan untuk makan tepat pada saat sebelum tidur.

Namun, jika Anda merasa perlu untuk memakan sesuatu sebelum tidur, maka mengemil sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut saran para ahli, buah menjadi pilihan terbaik, karena beberapa buah sebenarnya bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

Baca Juga

Berikut beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi jika Anda lapar sebelum tidur, dilansir laman Best Life Online, Selasa (23/3).

Pisang

 

Pisang terkenal sangat membantu dalam mengobati dan mencegah kram karena kaya akan potasium.  Namun, para ahli mengatakan pisang memiliki manfaat lain yang bisa membantu Anda memiliki malam yang lebih nyenyak. 

Pelatih ilmu tidur bersertifikat dengan Amerisleep, McKenzie Hyde mengatakan, elektrolit, magnesium, dan kalium yang terkandung dalam pisang adalah pelemas otot alami yang membuat tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks yang dibutuhkan untuk tidur malam yang nyenyak.

Pisang juga mengandung karbohidrat kompleks dan triptofan, asam amino yang ditemukan dalam kalkun yang membuat kita mengantuk setelah makan malam. "Triptofan membantu tubuh memproduksi serotonin dan melatonin, yang membantu memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur," jelas Hyde.

Kita bisa menambahkan selai kacang pada pisang untuk membuat lebih kenyang dan mengantuk. Satu sendok selai kacang dengan pisang bisa menambahkan sesendok triptofan ekstra.

"Selai kacang bermanfaat untuk membantu tidur dan menjaga jam internal tubuh," tambah Hyde. Selai kacang juga membantu suasana hati dan mengurangi depresi, kecemasan, dan stres, yang semuanya merupakan penghambat tidur paling baik.

Ceri

Dokter pengobatan integratif Monisha Bhanote, MD menyarankan ceri asam atau jus ceri asam. "Ceri memiliki antioksidan dan fitokimia tingkat tinggi, termasuk melatonin, yang penting untuk mengatur ritme sirkadian kita," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement