Selasa 23 Mar 2021 21:00 WIB

Kontroversi Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Harry-Meghan mengaku sudah menikah sebelum pesta digelar, namun ada pihak menyangkal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Harry-Meghan mengaku sudah menikah sebelum pesta digelar, namun ada pihak menyangkal.
Foto: AP
Harry-Meghan mengaku sudah menikah sebelum pesta digelar, namun ada pihak menyangkal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sesi wawancara eksklusif bersama Oprah Winfrey, Meghan Markle dan Pangeran Harry memberikan beberapa pernyataan yang cukup bombastis dan kontroversial. Salah satu di antaranya adalah terkait upacara pernikahan rahasia yang mereka lakukan. Pernyataan tersebut kini terbukti tidak benar.

Dalam sesi wawancara tersebut, Meghan mengatakan dia dan Harry menikah tiga hari sebelum pesta pernikahan mereka. Meghan mengklaim tak ada orang lain yang mengetahui hal tersebut. Ikrar janji pernikahan tersebut Meghan dan Harry lakukan hanya berdua saja di halaman belakang rumah mereka bersama dengan Archbishop of Canterbury.

Baca Juga

"Anda tahu, tiga hari sebelum pernikahan kami, kami telah menikah," ungkap Meghan kepada Oprah, seperti dilansir Page Six, Selasa (23/3).

The Sun lalu berhasil mendapatkan lisensi pernikahan Meghan dan Harry dari General Registrar's Office Pada Senin. Dari dokumen tersebut, terkonfirmasi bahwa pernikahan mereka resmi terjadi pada tanggal 19 Mei.

Tak hanya itu, seorang vikaris dari Inggris juga sempat mengungkapkan bahwa pernyataan yang Meghan sampaikan tidka benar. Vikaris tersebut mengatakan Church of England mewajibkan hadirnya dua saksi pernikahan agar sebuah pernikahan dapat dikatakan sah. Selain itu, prosesi sakral tersebut juga harus dilakukan di rumah ibadah tersertifikasi. Kedua hal penting ini tak ada dalam "upcara pernikahan rahasia" Meghan dan Harry.

Mantan kepala juru tulis Faculty Office Stephen Borton menilai Meghan salah paham. Yang mereka lakukan di depan Archbishop of Canterbury kemungkinan besar hanya sebuah latihan, bukan upacara ikrar janji pernikahan yang sesungguhnya.

"Mereka tidak menikah tiga hari sebelum (hari pernikahan) di depan Archbishop of Canterbury," tutur Stephen, seperti dilansir News.

Page Six juga menyoroti pernyataan lain Meghan yang menjadi perbincangan hangat di internet. Dalam sesi wawancara bersama Oprah, Meghan mengaku tak begitu mengetahui soal kehidupan para keluarga kerajaan sebelum bertemu Harry.

Akan tetapi, beberapa warganet berhasil menemukan tulisan lama Meghan di sebuah blog pada 2014. Dalam blog tersebut, Meghan sempat menulis soal kemegahan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang diselenggarakan pada 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement