Selasa 23 Mar 2021 20:26 WIB

Bupati Inginkan Layanan Internet Hingga Pelosok Tanah Laut

Akses internet yang masuk seluruh pelosok,akan mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat

Sejumlah pelajar dari berbagai jenjang sekolah mengikuti proses belajar mengajar dalam jaringan (daring) menggunakan fasilitas WiFi gratis,  di Masjid Al Muhajirin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/8/2020). Pengurus Masjid Al Muhajirin menyediakan fasilitas akses internet melalui WiFi secara gratis bagi pelajar yang kesulitan biaya untuk mengikuti belajar mengajar secara daring selama masa pandemi COVID-19.
Foto: ANTARA/BAYU PRATAMA S
Sejumlah pelajar dari berbagai jenjang sekolah mengikuti proses belajar mengajar dalam jaringan (daring) menggunakan fasilitas WiFi gratis, di Masjid Al Muhajirin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/8/2020). Pengurus Masjid Al Muhajirin menyediakan fasilitas akses internet melalui WiFi secara gratis bagi pelajar yang kesulitan biaya untuk mengikuti belajar mengajar secara daring selama masa pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN--Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta di Pelaihari, menginginkan agar layanan internet ke seluruh pelosok di wilayah Tanah Laut tidak ada blank spot atau tidak menerima sinyal komunikasi."Nanti PT Telkom bisa koordinasi dengan Diskominfo Tanah Laut," jelasnya, saat memimpin Coffee Morning di Aula Pencerahan Kantor Bappeda Tala jalan A Syairani Kota Pelaihari, Selasa (23/3).

Dikatakannya, akses internet yang masuk seluruh pelosok, tentu akan mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat dan jangkauan pengetahuan masyarakat akan semakin bertambah luas.Terlebih, sebut dia, internet saat ini layaknya sudah menjadi kebutuhan dasar dan masyarakat pasti sangat menggunakan jangkauan tersebut dan sejalan dengan aktivitas jual beli masyarakat secara online cukup besar. Jadi, sanganwajar jika internet sudah sangat dibutuhkan."UMKM, pelajar dan lapisan masyarakat akan menggunakan internet dengan baik, dan itu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Telkom Kalsel Arief Yulianto menuturkan, pihaknya memiliki berbagai pelayanan untuk kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Pihaknya  sudah memiliki dua kriteria yang dapat diberikan kepada lapisan masyarakat.

Lebih lanjut dia mengemukakan, layanan masyarakat umum, perusahaan dan lembaga pemerintah menggunakan jaringan fiber optik, sedangkan layanan khusus dapat menggunakan Mangosky, berupa jaringan menggunakan satelit."Kalau menggunakan satelit, tidak ada wilayah tidak terjangkau internet," katanya.

Masyarakat yang kesulitan mendapatkan layanan internet, sambung dia, akan merasakan manfaatnya dengan adanya layanan satelit ."Apalagi layanan ini memiliki kecepatan enam Mega Byte (MB). Sehingga sangat cocok produk ini untuk wilayah blank spot," katanya.

Usai pemaparan dari PT Telkom, Bupati Tala HM Sukamta didampingi Sekda Tala H Dahnial Kifli menerima kenang-kenangan dari GM PT Telkom Kalsel Arief Yulianto. Turut hadir pada acara tersebut Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Masyarakat Akhmad Hairin, Kepala Bappeda Tala Andris Evony, seluruh SKPD dan Kecamatan secara virtual.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement