Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Kunci Memenangkan Hati Seseorang Menurut Ajaran Islam 

Selasa 23 Mar 2021 19:17 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Kunci memenangkan hati seseorang sangat sederhana menurut Islam. Ilustrasi salam

Kunci memenangkan hati seseorang sangat sederhana menurut Islam. Ilustrasi salam

Foto: Republika/Musiron
Kunci memenangkan hati seseorang sangat sederhana menurut Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Islam merupakan agama yang paling sempurna, dan segala sesuatunya telah diatur Allah ﷻ. Bahkan termasuk cara memenangkan hati seseorang. 

Dilansir dari laman Islamweb pada Selasa (23/3), lewat agama ini, umat diajarkan untuk memuliakan sesama manusia.  

Baca Juga

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو - رضى الله عنهما - أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم - أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ 

Dari Abdullah bin Umar, dia berkata, "Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi ﷺ: 'Bagaimanakah Islam yang paling baik?' Nabi ﷺ menjawab: 'Memberi makan (orang-orang miskin), mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang tidak engkau kenal'.”  Allah Subhanahu wa Ta'ala juga berfirman: 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Mahamengetahui, Mahateliti" (QS Al-Hujurat: 13). 

Bahkan untuk memenangkan hati seseorang tidak memerlukan biaya yang tinggi, mereka dapat hanya melemparkan senyum secara tulus dan ikhlas kepada orang lain. 

تبسُّمك في وجه أخيك لك صدقة "Senyum terhadap saudaramu adalah sedekah" (HR At-Tirmidzi). Rasulullah ﷺ berkata:  

إنكم لن تسعوا الناس بأموالكم ، ولكن يسعهم منكم بسط الوجه وحسن الخلق "Sesungguhnya kalian tidak mampu mencukupi seluruh manusia dengan harta yang kalian miliki, namun mereka seluruhnya bisa mendapatkan (memberikan mereka semuanya) senyuman dan akhlaq baikmu" (HR Muslim). 

Sumber: islamweb

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA