Selasa 23 Mar 2021 18:38 WIB

Tubuh Manusia Miliki 42 Bahan Kimia Misterius

Beberapa bahan kimia muncul pada perempuan hamil dan bayi mereka yang baru lahir.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu Hamil (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ibu Hamil (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh manusia mengandung banyak bahan kimia, yang tercatat mencapai 109 jenis. Namun, sebanyak 55 diantaranya disebut belum pernah diketahui secara jelas dan dilaporkan.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan UC San Francisco menunjukkan ada 42 bahan kimia misterius yang berasal dari sumber lingkungan tidak diketahui. Penelitian mengungkap diantaranya adalah bahan kimia yang ditemukan di tubuh perempuan hamil.

Baca Juga

Menurut para peneliti, bahan kimia tersebut kemungkinan telah berada di sana untuk sementara waktu. Namun, spektrometri resolusi tinggi mengungkapkan secara lebih rinci.

Dilansir Popular Mechanics, untuk menguji bahan kimia, para peneliti mengandalkan sampel standar murni yang dibuat, namun tidak selalu mudah didapatkan. Spektrometri massa adalah semburan cahaya yang menyinari sampel dan pecah menjadi beberapa bagian sesuai dengan partikel dalam sampel.

Seiring kemajuan teknologi, resolusinya semakin tinggi, memungkinkan tanda tangan yang lebih detail dan agak berbeda untuk diidentifikasi. Dari total 60 sampel dalam penelitian, terdiri dari 30 dari perempuan hamil dan 30 dari tali pusar mereka, spektrometer massa resolusi tinggi memilih 662 tanda tangan kimia saat meledakkan ion positif dan 788 saat meledakkan ion negatif.

Dari sana, para ilmuwan menggabungkan seperti sampel dan mulai memilah 109 temuan unik terakhir mereka. Para peneliti mempelajari sampel orang hamil secara khusus karena kehamilan adalah masa kritis perkembangan untuk risiko kesehatan di masa depan.

Beberapa bahan kimia muncul pada perempuan hamil dan bayi mereka yang baru lahir, yang menunjukkan bahan kimia tersebut melewati plasenta ke dalam rahim tempat janin berkembang. Apa yang dinilai sebagai bahan kimia? Secara teknis semuanya adalah bahan kimia, tetapi para peneliti mengatakan sebagian besar dari 42 bahan kimia misteri baru dan banyak dari sampel yang diketahui kemungkinan besar berasal dari produk konsumen.

Secara keseluruhan, bahan kimia tersebut berkisar dari pestisida umum hingga hal-hal seperti cat, waterproofing, atau lapisan peralatan masak anti-lengket. Para ilmuwan mencocokkan 73 dari 109 bahan kimia dengan menggunakan informasi dari pencocokan spektrum fragmentasi dan 15 tambahan menggunakan bahan kimia standar.

Standar adalah contoh dari pabrikan yang dibuat untuk tujuan perbandingan persis seperti percobaan ini. Para peneliti mengatakan mengapa begitu banyak bahan kimia tidak dapat diidentifikasi adalah bahan kimia yang tidak berbahaya seringkali tidak didokumentasikan dan disediakan, sehingga para ilmuwan dapat mengesampingkan.

Tanpa sampel ini, para ilmuwan tidak memiliki titik perbandingan, sehingga hampir tidak mungkin untuk memilih apa yang mereka lihat, bahkan dengan keterampilan observasi yang canggih. Hal itulah yang membuat Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) mengeluarkan peraturan bagi perusahaan-perusahaan untuk memberi nama dan sampel semua bahan kimia yang mereka gunakan dalam barang konsumen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement