Selasa 23 Mar 2021 18:25 WIB

FK UMP Lantik 10 Dokter Baru

Para dokter yang dilantik kali ini merupakan dokter angkatan kelima UMP.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Kompleks kampus UMP.
Foto: Dokumen.
Kompleks kampus UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FK UMP), Jawa Tengah, melantik 10 dokter baru di aula gedung FK UMP, Selasa (23/3). Pelantikan diikuti dengan pengucapan sumpah dokter yang dipimpin Dekan FK UMP dr Muhammad Mansyur Romi.

''Para dokter yang dilantik kali ini merupakan dokter angkatan kelima UMP yang terdiri dari lima orang dokter wanita dan lima orang dokter pria,'' jelasnya.

Ia menyebutkan, sumpah dokter yang wajib diikrarkan para dokter baru, bukan hanya sekadar seremonial. Namun  merupakan sumpah yang yang harus dihayati oleh para dokter baru.

''Sumpah dokter ini merupakan bentuk komitmen para calon dokter kepada Allah SWT, kepada dirinya, kepada masyarakat, dan kepada teman sejawat dimana teman sejawatnya akan dianggap seperti saudara kandung hingga akhir hayatnya,'' ujarnya.

Dikatakan, para dokter baru UMP yang dilantik telah melewati ujian kompetensi dokter umum yang dilaksanakan secara nasional pada bulan Februari 2021. ''Dalam pelaksanaan ujian tersebut, angka kelulusan calon dokter dari FK UMP mencapai 71,42 persen,'' katanya.

Rektor UMP, Dr Jebul Suroso, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi pada FK UMP yang kembali mengantarkan dokter baru ke tengah masyarakat. ''Setelah melewati masa studi yang panjang, akhirnya 10 calon dokter bisa dilantik untuk kemudian memberikan pengabdiannya pada masyarakat,'' ujar dia.

Kepada para dokter baru, rektor berpesan agar mereka menjadi dokter yang baik, dokter yang berpegang teguh pada  sumpah dokter. Terlebih bagi dokter lulusan UMP. ''Jadilah dokter yang berakhlak mulia, berakhlak baik kepada orang tua, kepada masyarakat, dan kerabat kerjanya,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement