Selasa 23 Mar 2021 17:50 WIB

Eks Bos BukalapaK Suntik Dana Rp 72 Miliar ke IDCloudHost

IDCloudHost akan menggunakan pendanaan ini untuk memperluas pasar di Asia.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Eks CEO Bukalapak, Achmad Zaky
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Eks CEO Bukalapak, Achmad Zaky

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- IDCloudHost, penyedia layanan infrastruktur cloud di Indonesia, meraih pendanaan senilai 5 juta dolar AS atau setara Rp 72,1 miliar dari Init 6. Init 6 merupakan perusahaan investasi yang didirikan oleh founder Bukalapak Achmad Zaky. 

Pendanaan ini menandai babak baru dalam penguatan strategi bisnis IDCloudHost untuk mengoptimalkan pertumbuhan cepat industri digital di dunia. Founder dan CEO IDCloudHost, Alfian Pamungkas Sakawiguna, menyambut positif dukungan pendanaan dari Init 6.

Baca Juga

Menurut Alfian, pendanaan ini sekaligus sebagai momentum bagi perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas di Asia. Penguatan teknologi dan SDM akan tetap menjadi fokus utama IDCloudHost untuk mengeksekusi rencana bisnis yang telah ditetapkan oleh perusahaan. 

"Kami sangat senang atas kepercayaan dari Init 6 untuk mendukung visi dan misi IDCloudHost menjadi penyedia layanan cloud terbaik. Pengalaman dan keahlian dari teman-teman di Init 6 akan sangat membantu kami untuk semakin kompetitif dan melahirkan beragam produk inovatif yang sesuai kebutuhan pasar," kata Alfian, Selasa (23/03).

Didirikan di Bandung 2015 lalu, Alfian menjelaskan, IDCloudHost menyasar segmen korporasi, UMKM, startup, dan pengembang individu. Hingga saat ini lebih dari 100 ribu pelanggan tetap telah menggunakan jasa IDCloudHost. Perusahaan menargetkan 1 juta pelanggan dalam dua tahun ke depan. 

"Fokus kami adalah membantu jutaan UMKM dan talenta-talenta individual di seluruh dunia untuk membangun bisnis mereka dengan infrastruktur digital yang terjangkau. Kami juga sangat gembira melihat ribuan UMKM di Indonesia yang telah bergabung dengan IDCloudHost bisa menjangkau pasar mereka secara lebih luas, sehingga bisnisnya dapat terus berkembang," jelasnya. 

Founding partner Init 6, Achmad Zaky, mengatakan IDCloudhost layak untuk didanai karena memiliki produk serta pasar yang unik. Selain itu, di tengah persaingan ketat industri penyedia layanan cloud di dunia, IDCloudHost berhasil menjaga momentum pertumbuhan bisnisnya secara berkelanjutan. 

"Kami memilih IDCloudHost karena melihat energi dan kemampuan tim ini untuk berinovasi dan mengeksekusi strateginya sungguh luar biasa. Kami berharap mereka akan semakin memperkuat ekosistem startup serta membawa lebih banyak ide kreatif untuk berkembang secara digital," kata Zaky.

IDCloudHost menawarkan beragam produk layanan cloud, seperti cloud hosting, virtual machine, object storage, docker, domain, dan private atau dedicated server. Pelanggan perusahaan tersebar di berbagai kota di Indonesia dan sejumlah negara di Asia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement