Selasa 23 Mar 2021 20:16 WIB

Vaksinasi Covid-19 Mulai Masif, Kapan Boleh Lepas Masker?

Muncul pedoman baru terkait orang yang sudah divaksinasi penuh boleh melepas masker.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Muncul pedoman baru terkait orang yang sudah divaksinasi penuh boleh melepas masker.
Foto: www.freepik.com
Muncul pedoman baru terkait orang yang sudah divaksinasi penuh boleh melepas masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksinasi kian masif diberikan kepada masyarakat. Seseorang yang telah divaksin mendapatkan manfaat pencegahan infeksi Covid-19.

Dilansir laman Eat This, Selasa (23/3), kini muncul pedoman baru bahwa orang yang telah mendapat vaksin juga bisa berkumpul dengan orang lain tanpa masker dalam situasi tertentu. Di situasi tertentu pula, tetap penting untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jarak sosial di depan umum, dan sering mencuci tangan.

Baca Juga

Menurut pedoman Pengendalian & Pencegahan Penyakit (CDC), orang yang telah divaksin diperbolehkan untuk melepas masker bagi orang yang divaksinasi penuh. Mereka juga bisa berkumpul di dalam ruangan dengan orang lain yang telah divaksinasi penuh.

“Atau jika Anda berkumpul di dalam ruangan dengan anggota keluarga lain yang tidak divaksinasi (kecuali salah satu dari orang-orang tersebut berada di tingkat yang parah risiko COVID-19),” tulis pernyataan CDC.

CDC menyatakan, orang yang divaksinasi harus memakai masker di depan umum. Itu termasuk bagi yang sepenuhnya divaksinasi dua pekan setelah mendapatkan dosis kedua dari vaksin dua dosis, seperti vaksin Pfizer atau Moderna, atau dua pekan setelah vaksin dosis tunggal, seperti vaksin Johnson & Johnson.

Namun, CDC juga mengamini para ahli, bahwa orang yang divaksinasi penuh perlu memakai masker di depan umum. Kemudian, mempraktikkan jarak sosial serta tindakan pencegahan lainnya seperti menghindari perjalanan dan pertemuan besar.

Itu karena masih belum jelas apakah vaksin COVID hanya memblokir gejala dan penyakit yang parah. Atau, apakah juga mencegah orang yang divaksinasi membawa virus dan menularkannya ke orang lain.

Meski begitu, tetap ada kontroversi seputar anjuran ini. Senator Rand Paul menantang Dr. Anthony Fauci mengatakan "tidak ada situasi di mana tidak ada risiko.

Dr Gregory Polandia, spesialis penyakit menular dan kepala Kelompok Riset Vaksin Klinik Mayo, menyebutkan, mereka yang divaksinasi dapat mengabaikan batasan tertentu lainnya. Mereka tidak perlu lagi menjalani karantina setelah terpapar COVID, dan dapat berkumpul dengan orang lain yang telah divaksinasi lengkap di dalam ruangan.

"Ini adalah langkah pertama CDC menuju keadaan normal dengan menyeimbangkan nilai interaksi sosial dan interaksi keluarga yang banyak dari kita belum terlibat karena rekomendasi berbasis sains, dan mencoba mengurangi isolasi sosial," kata Dr Poland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement