Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

IPIREL UMY Undang Dosen dari Luar Negeri Beri Kuliah Online

Selasa 23 Mar 2021 09:06 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

IPIREL UMY Undang Dosen dari Luar Negeri Beri Kuliah Online. Direktur IPIREL UMY, Dr. Sugeng Riyanto

IPIREL UMY Undang Dosen dari Luar Negeri Beri Kuliah Online. Direktur IPIREL UMY, Dr. Sugeng Riyanto

Foto: istimewa
8 orang dosen asing akan turut memberikan kuliah di semester genap ini.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- IPIREL (International Program of International Relations) atau Kelas Internasional di Prodi Hubungan Internasional,  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Guest Lecture Series selama sepekan.

Acara ini mengundang dosen dari berbagai universitas mitra UMY di luar negeri untuk memberikan kuliah di IPIREL. Karena digelar di masa pandemi Covid-19, maka kuliah ini diselenggarakan secara daring atau online.  

Direktur IPIREL UMY, Dr. Sugeng Riyanto mengatakan terdapat setidaknya 8 orang dosen asing yang akan turut memberikan kuliah di semester genap ini. Di antaranya dari Melbourne University, University Western Australia, Prince Songkla University Thailand, Quaid-i-Azam University Pakistan, University of Dhaka, Universiti Utara Malaysia, Universiti Malaysia Sabah dan Sulaimani Polytechnic University Iraq.

"Minggu ini akan menjadi minggu yang sibuk bagi IPIREL UMY. Guest Lecture Series ini telah menjadi agenda rutin IPIREL pada tiap semesternya sebagai bagian dari program internasionalisasi," kata Sugeng Riyanto dalam siaran persnya kepada Republika.co.id, Selasa (23/3).

Di samping mengundang dosen asing, IPIREL juga mengirimkan mahasiswa ke universitas mitra di luar negeri dalam program student exchange di Polandia, Spanyol, Tiongkok, Taiwan, Korea Selatan, Thailand dan Malaysia. Internasionalisasi kampus UMY juga dilalukan dengan mengagendakan summer program untuk mengisi liburan antara Juli hingga September setiap tahunnya. Summer Program biasanya melibatkan dosen dosen dari dalam dan luar negeri dan pesertanya pun juga datang dari berbagai penjuru dunia.

“Kami memang serius dan komitmen terhadap motto kami Muda Mendunia. Meskipun ada pandemi, kami terus melebarkan jejaring internasional, sebagaimana pimpinan kami memberikan haluan agar kami selalu adaptif dan kolaboratif.  IPIREL terus membuka kerjasama berbagai universitas mitra di luar negeri untuk student program staff mobility dan student mobility termasuk student exchange maupun program dual/double degree.  Dengan demikian, mahasiswa akan mempunyai berbagai pengalaman internasional yang diharapkan juga mampu membentuk karakter unggul mereka sehingga mereka mampu bersaing di era global nantinya,” ujar Sugeng Riyanto yang akrab disapa Roy ini. 

Sebagaimana diketahui, UMY saat ini merupakan perguruan tinggi swasta dengan peringkat papan atas nasional menurut salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional. Selain IPIREL, UMY juga mempunyai program program internasional tersebar di 8 program studi. Hal ini merupakan komitmen UMY untuk menyiapkan kader kader bangsa yang mampu untuk bersaing di ranah internasional.  

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA