Senin 22 Mar 2021 17:57 WIB

Satgas: Hanya 2 Provinsi dengan BOR di Atas 60 Persen

Bed occupancy rate yang turun di banyak provinsi merupakan hasil PPKM mikro.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Kepala BNPB yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (kiri)
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Kepala BNPB yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit banyak provinsi sudah berada di bawah 50 persen. Hanya Jawa Barat dan Kalimantan Selatan yang masih berada di atas 60 persen. 

"Saat ini hanya tinggal dua provinsi saja yang bed occupancy rate-nya di atas 60 persen, yaitu Kalsel dan Jabar, sisanya sudah jauh di bawah," ujar Doni dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Senin (22/3). 

Baca Juga

Ia menjelaskan, bed occupancy rate yang menurun di banyak provinsi merupakan hasil dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Di samping itu, ia mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan juga meningkat. 

"Jadi vaksin, PPKM mikro, dan tingkat kepatuhan masyarakat yang semakin baik menjadi modal kita dalam mengendalikan Covid," ujar Doni. 

Ia berharap, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit semakin menurun ke depannya. Hal ini agar para dokter dan tenaga medis yang bertugas di rumah sakit dapat berkurang bebannya dalam merawat pasien. 

"Harus kita jaga, sehingga dokter kita, perawat kita punya kesempatan relaksasi, punya kesempatan yang lebih banyak buat beristirahat. Sehingga kelelahan dan keletihan dalam merawat pasien bisa berkurang," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement