Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Wapres Minta MES Jadi Penggerak Pengembangan UMKM Syariah

Senin 22 Mar 2021 17:25 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: Doni/SetwapresRI
Wapres berharap MES ikut merintis kemitraan antara UMKM dengan usaha besar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menjadi menjadi motor penggerak dalam pengembangan usaha, termasuk usaha mikro dan kecil. Wapres juga berharap MES di bawah kepengurusan baru, mendorong pengembangan UMKM dan usaha syariah menjadi bagian pengembangan industri halal.

"Agar didorong menjadi bagian dari rantai nilai industri halal global untuk memacu pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi umat," kata Ma'ruf saat prosesi pelantikan pengurus pusat MES periode 2021-2023 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (22/3).

Wapres juga berharap MES ikut merintis kemitraan antara usaha mikro dan kecil dengan usaha besar. Ini dilakukan agar usaha besar dapat memberikan pendampingan dan pembinaan kepada usaha kecil dengan prinsip saling menguntungkan, membutuhkan, dan saling memperkuat.

Dengan begitu, kata Ma'ruf, kehadiran MES bisa lebih dirasakan oleh umat. Tak hanya itu, MES diharapkan dapat mendorong pembangunan pusat-pusat inkubasi di sejumlah daerah dalam rangka penyemaian tumbuh dan berkembangnya pengusaha dalam berbagai tingkatan.

"MES juga perlu mendorong pembangunan pusat-pusat bisnis syariah (sharia business center) yang didukung infrastruktur digital sebagai sarana interaksi antar pelaku bisnis syariah," kata Ma'ruf.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA