Senin 22 Mar 2021 15:27 WIB

Wagub Wacanakan Rebranding Tagline Pariwisata Sumbar

Audy anggap tagline 'Taste of Padang' tidak tepat menggambarkan pariwisata Sumbar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pesilat menampilkan Silek Lanyah kepada tamu yang merupakan bentuk pariwisata di Desa Kubu Gadang, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Sabtu (13/4/2021).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Pesilat menampilkan Silek Lanyah kepada tamu yang merupakan bentuk pariwisata di Desa Kubu Gadang, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Sabtu (13/4/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy mewacanakan untuk melakukan rebranding tagline pariwisata di Sumbar agar lebih mewakili provinsi secara luas. "Saya punya ide untuk merebranding tagline pariwisata Sumbar. Nanti setelah ada forum diskusi, kita adakan lomba lah untuk melakukan itu," kata Audy di Kota Padang, Senin (22/3).

Politikus PPP itu menilai, kata 'Padang' di tagline pariwisata saat ini, yaitu 'Taste of Padang' terlalu spesifik merujuk ke Kota Padang. Dia pun mengusulkan agad didiskusikan ulang tagline yang lebih mewakili Provinsi Sumbar.

Audy menegaskan, proses rebranding itu tidak serta merta dilakukan, tetapi melewati tahap diskusi dengan berbagai pihak. Tagline pariwisata Sumbar saat ini adalah 'Taste of Padang' yang diluncurkan pada akhir 2017. Pada awal peluncuran, sambung dia, branding yang menghabiskan anggaran Rp 1,6 miliar tersebut juga memancing polemik.

Banyak pihak menolak tagline tersebut, namun pada akhirnya tetap digunakan hingga saat ini. Selain tagline, Audy mengatakan, Pemprov Sumbar juga mengupayakan destinasi wisata andalan nasional untuk masing-masing kabupaten dan kota, serta satu destinasi bertaraf internasional. Hal itu sebagai langkah untuk memacu pariwisata Sumbar kembali.

Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam pertemuan dengan Komite III DPD RI menyebut pariwisata merupakan salah satu sektor andalan provinsi itu untuk menghasilkan PAD dan peningkatan perekonomian daerah.Karena itu pariwisata masuk dalam visi dan misi yang akan diimplementasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Ddaerah (RPJMD) 2021-2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement