Senin 22 Mar 2021 13:22 WIB

Sudah Benarkah Cara Kita Berjalan Kaki?

Melakukan cara jalan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Melakukan cara jalan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com
Melakukan cara jalan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penari dan Instruktur Metode Bar, Alysia Bebel mengatakan, bentuk dan keselarasan yang tepat memainkan peran besar dalam kehidupannya sehari-hari. Namun sebelumnya, sama seperti kebanyakan orang, ia tidak pernah terlalu memikirkan bagaimana ia berjalan.

"Saya tahu cara berjalan yang baik. Saya mempelajarinya sejak dulu. Kalian mungkin tahu caranya berjalan tetapi apakah kalian sudah berjalan dengan cara yang benar? Kemungkinan kalian belajar jalan saat balita dan tidak terlalu memikirkannya sejak itu,” ungkap Bebel, dilansir dari laman verywell, Senin (22/3).

Baca Juga

Semua waktu yang kita habiskan untuk duduk dapat melemahkan otot berjalan. Ini dapat menyebabkan bentuk berjalan yang tidak normal, dan adanya ketegangan yang seharusnya tidak ada pada otot dan persendian kita.

Berjalan adalah latihan yang luar biasa karena berbagai alasan, seperti bisa membakar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Bahkan, berjalan dapat membantu kita mencapai tujuan penurunan berat badan.

Ada banyak manfaat lain termasuk mengurangi stres dan suasana hati yang lebih baik. Menurut seorang dokter Harvard, berjalan kaki adalah olahraga gratis dan menempati urutan teratas dalam daftar olahraga terbaik untuk kesehatan yang lebih baik.

Melakukan cara jalan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat penyembuhan seperti mengurangi nyeri punggung, mengurangi kehausan pada persendian, meningkatkan kekuatan inti dan bahkan kesehatan paru-paru yang lebih baik.

Berikut 5 hal kecil yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan berjalan kita.

1. Tekan Tumit hingga Ujung Kaki

Tumit kaki harus menyentuh lantai sebelum bagian lain dari kaki. Bertujuan untuk gerakan menggulung halus dari tumit ke bola kaki dan kemudian ke jari-jari kaki. Jaga kaki belakang di tanah lebih lama, dan berikan dorongan yang baik dari bola kaki untuk mendorong kaki depan ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement