Senin 22 Mar 2021 12:54 WIB

Cara Merawat Mobil Eksotik

Mobil eksotik bisa jadi sarana investasi yang menguntungkan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
TDA Luxury Toys resmi memboyong produk dari Morgan Motor Company.
Foto: Republika/eric
TDA Luxury Toys resmi memboyong produk dari Morgan Motor Company.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bagi kaum jetset, mobil-mobil eksotik baik itu dalam wujud supercar atau mobil klasik merupakan salah satu benda koleksi yang cukup digemari. Sebagai koleksi atau hobi, biasanya memang mobil eksotik relatif jarang digunakan.

Meski jarang digunakan, bukan berarti mobil eksotik tak memerlukan perawatan. Presiden Direktur TDA Luxury Toys, William Tjandra mengatakan, para pecinta mobil ekstotik tetap perlu melakukan perawatan agar mobil tersebut selalu dalam kondisi prima.

Baca Juga

"Apalagi, mobil eksotik bisa jadi sarana investasi yang menguntungkan. Artinya, mobil itu harus selalu terjaga kualitasnya," kata William Tjandra kepada Republika di  TDA Luxury Toys Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, salah satu langkah perawatan yang harus dilakukan adalah dengan memanaskan mobil secara rutin. Disarankan, hal itu dilakukan secara konsisten dalam sepekan sekali.

"Sebaiknya, mobil dipanaskan dengan digunakan untuk berjalan. Mengingat, mobil dipenuhi oleh elemen bergerak yang juga harus dioperasikan sehingga kualitasnya tetap terjaga," ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menyarankan agar pengendara melakukan servis secara rutin di bengkel. Artinya, meski jarang digunakan, pengendara tetap harus melakukan servis rutin dan penggantian oli, Menurut dia, minimal rutinitas itu dilakukan sekali dalam setahun.

Terakhir, pecinta mobil eksotik juga disarankan untuk memperhatikan soal cara penyimpanan mobil di garasi. Menurutnya, akan lebih baik jika mobil disimpan dalam ruangan dengan kelembaban yang terjaga.

"Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan AC atau alat humidifier. Dengan kelambaban yang terjaga, maka kualitas seluruh bagian mobil dapat terjaga terutama pada bagian interior," kata dia.

Meski mungkin terlihat berlebihan, tapi ia menilai langkah ini jauh lebih murah dibanding harus melakukan perbaikan kendaraan. Apalagi, komponen exotic car biasanya dibanderol dengan harga yang relatif tinggi.

Soal exotic car, TDA Luxury Toys pun kini kembali menghadirkan mobil yang siap diburu kaum jetset. Setelah akhir tahun lalu menghadirkan produk dari Briggs Automotive Company (BAC), pada Maret ini TDA Luxury Toys telah resmi memasarkan produk dari Morgan Motor Company.

Menurutnya, TDA Luxury Toys  menghadirkan dua produk dari Morgan yakni Morgan Plus Four dan Morgan Plus Six. Ia yakin, produk dari brand asal Inggris ini akan jadi incaran karena hadir dengan gaya classic look tetapi dibekali dengan mesin  yang canggih.

"Mobil ini hadir dengan desain klasik dan karakter yang sangat menonjol. Sebagai mobil eksotik, maka ini akan menjadi mobil yang sangat jarang karena dalam setahun kami hanya menjual 15 unit," ucapnya.

Soal mesin, kedua produk yang menggunakan atap kanvas ini hadir dengan powertrain dari BMW. Ia mengatakan, Morgan Plus Four menggunakan mesin BMW 2 liter TwinPower Turbo, inline four-cylinder bertenaga sekitar 260 daya kuda. Sedangkan Morgan Plus Six menggunakan mesin BMW B58 TwinPower Turbo 3 liter inline six-cylinder bertenaga sekitar 365 daya kuda.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement