Senin 22 Mar 2021 10:05 WIB

Sidang Warga Kanada di China Digelar Tertutup

Warga Kanada dituduh melakukan kegiatan spionase di China

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
(Ilustrasi) bendera Kanada
Foto: wikipedia.org
(Ilustrasi) bendera Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sidang Michael Kovrig, warga negara Kanada yang didakwa pasal spionase setelah ditahan pada Desember 2018 lalu digelar tertutup. Sidang itu digelar beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) mengangkat persoalan ini dalam pertemuan bilateral dengan China di Alaska.

Sebelumnya charge d'affaires Kedutaan Besar Kanada di Beijing, Jim Nickel, mengatakan ia berharap dapat masuk ke ruang sidang. Sidang warga negara Kanada yang didakwa tuduhan serupa, Michel Spavor yang dijadwalkan Jumat (26/3) mendatang di gedung pengadilan di Dandong juga akan digelar tertutup.

Baca Juga

Kovrig dan Spavor ditangkap tidak lama setelah Kanada menahan CFO Huawei Meng Wanzhou atas surat penangkapan dari AS. Beijing berulang kali menegaskan penangkapan dua warga Kanada itu tidak ada hubungannya dengan penahan Meng yang sedang menjalani sidang ekstradisi ke AS.

Nickel mengatakan sidang Kovrig sudah dimulai tapi ia tidak mendapat akses dengan alasan keamanan nasional. Jelang sidang dimulai diplomat dari lebih 20 negara termasuk AS sudah berada di lokasi.  

"Presiden AS Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken sudah mengatakan dalam kasus Michael Kovrig dan Michael Spavor, Amerika Serikat akan memperlakukan mereka seperti warga Amerika," kata charge d'affaires Kedutaan Besar AS di China William Klein, Senin (22/3).

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement