Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Mesir Larang I'tikaf dan Iftar di Masjid Saat Ramadhan

Senin 22 Mar 2021 06:45 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

 Mesir Larang I'tikaf dan Iftar di Masjid Saat Ramadhan. Foto:  Masjid Amru bin Ash yang menjadi masjid pertama di Mesir dan Afrika.

Mesir Larang I'tikaf dan Iftar di Masjid Saat Ramadhan. Foto: Masjid Amru bin Ash yang menjadi masjid pertama di Mesir dan Afrika.

Foto: google.com
I'tikaf dan iftar di masjid dilarang Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO --- Pemerintah Mesir melarang setiap masjid menyelenggarakan i'tikaf dan buka puasa bersama pada saat bulan suci Ramadhan. Hal ini guna mencegah penyebaran virus Covid-19. 

Seperti dilansir Iqna.ir pada Senin (22/3), Wakil Menteri Awqaf Mesir, Nouh al-Issawi, mengatakan bahwa dalam upaya untuk memperkecil kasus Covid-19, masjid tidak diizinkan menyelenggarakan i'tikaf dan iftar pada bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

I'tikaf dalam Islam adalah amalan saleh yang sangat dipuji, di mana seseorang akan menghabiskan waktunya untuk berzikir dan beribadah beberapa hari sesuai kehendaknya. 

Selama Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia mulai berpuasa dari terbit fajar dan berbuka puasa saat matahari terbenam. Biasanya berbuka puasa selain dilakukan di rumah, juga kerap dilakukan bersama-sama di masjid.

Al-Issawi juga mengatakan, masjid yang gagal mematuhi protokol kesehatan pada bulan Ramadhan akan ditutup oleh Kementerian Awqaf. Dia juga meminta jamaah untuk memakai masker dan memperhatikan jaga jarak di masjid.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA