Senin 22 Mar 2021 04:16 WIB

Pemkab Tangerang Siap Laksanakan 15 Ribu Vaksinasi Tiap Hari

Bupati Tengerang mendukung kebijakan pemerintah pusat targetkan 1 juta vaksin perhari

Rep: Eva Rianti / Red: Bayu Hermawan
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
Foto: Republika/Eva Rianti
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendukung langkah dan kebijakan Pemerintah Pusat dalam menargetkan pelaksanaan 1 juta vaksin per hari. Di Kabupaten Tangerang sendiri, kata dia, pihaknya siap melakukan sebanyak puluhan ribu vaksinasi dalam satu hari.

"Kami sudah siap, minimal di Kabupaten Tangerang dalam satu hari bisa melaksanakan 15 ribu vaksinasi," ujar Zaki saat memantau pelaksanaan vaksinasi bagi kalangan lanjut usia (lansia) di Mal Ciputra Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Ahad (21/3).

Baca Juga

Kesiapan itu, kata dia, seiring dengan adanya sarana dan prasarana memadai yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tangerang, terutama tenaga kesehatan (nakes) serta vaksinator. Pemkab Tangerang juga diketahui melakukan upaya kerjasama dengan pihak swasta dalam pelaksanaan vaksinasi. Salah satunya vaksinasi bagi 3 ribu lansia bekerjasama dengan Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang yang saat ini tengah berlangsung. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi menyampaikan, dari awal vaksinasi Covid-19 pada Januari 2021 lalu hingga hari ini, Ahad (21/3), jumlah warga Kabupaten Tangerang yang sudah divaksin mencapai hingga lebih dari 30 ribu orang. 

Terdiri dari tenaga kesehatan dan para petugas pelayanan publik di Kabupaten Tangerang, termasuk kalangan pedagang dan para lansia. "Yang sudah divaksin 38.439," ujar Hendra kepada Republika.co.id, Ahad (23/3).

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, vaksinasi tahap satu yang diperuntukkan bagi kalangan nakes telah dilakukan terhadap lebih dari 10 ribu orang. Adapun target vaksinasi tahap dua yang saat ini masih berlangsung bagi petugas pelayanan publik sebanyak 25 ribu. Artinya, pelaksanaan vaksinasi tahap satu dan dua di Kabupaten Tangerang sudah melebihi target.

Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemkab Tangerang digelar di berbagai fasilitas kesehatan (faskes) meliputi 24 rumah sakit dan 44 puskesmas yang ada di Kabupaten Tangerang. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement