Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

5 Keutamaan Khadijah yang Membuatnya Begitu Istimewa

Senin 22 Mar 2021 03:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Khadijah mempunyai kedudukan istimewa bagi Rasulullah SAW. Penampakkan salah satu sisi makam Khadijah.

Foto:
Khadijah mempunyai kedudukan istimewa bagi Rasulullah SAW

 3. Khadijah mendapat salam dari Allah SWT

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – قال  أَتَى جِبْرِيلُ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ! هَذِهِ خَدِيجَةُ قَدْ أَتَتْ مَعَهَا إِنَاءٌ فِيهِ إِدَامٌ أَوْ طَعَامٌ أَوْ شَرَابٌ، فَإِذَا هِيَ أَتَتْكَ؛ فَاقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلامَ مِنْ رَبِّهَا – وَمِنِّي -، وَبَشِّرْهَا بِبَيْتٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ، لا صَخَبَ فِيهِ ولا نَصَبَ

Dalam hadits Abu Hurairah (Bukhari dan Muslim), disebutkan bahwa pada suatu ketika Jibril pernah datang kepada Rasulullah SAW sambil berkata, "Wahai Rasulullah, ini dia Khadijah. Ia datang kepada engkau dengan membawa wadah berisi lauk pauk, atau makanan atau minuman."

"Apabila dia datang kepada engkau, maka sampaikanlah salam dari Allah dan dariku kepadanya. Selain itu, beritahukan pula kepadanya bahwa rumahnya di surga terbuat dari emas dan perak, yang di sana tidak ada kebisingan dan kepayahan di dalamnya."

4. Sabar ketika dakwah Islam dihujat kaum kafir Quraisy

Ketika dakwah Islam mendapat penolakan dari kaum kafir Quraisy, Khadijah tetap bersama Rasulullah SAW dan tidak mengeluarkan kata-kata yang mencela Nabi SAW. 

Khadijah tidak menyerah, tetap bertahan dan bersama Rasulullah SAW menghadapi cobaan dakwah. Khadijah rela meninggalkan rumah mewahnya, zona nyamannya, untuk pergi bersama suaminya ke Gua Hira.

5. Selalu dirindukan Rasulullah SAW

Untuk mengatasi rasa rindunya setelah ditinggal wafat Khadijah, Rasulullah SAW memberikan daging domba kepada kerabat dan sahabat-sahabat Khadijah. Hal inilah yang menimbulkan rasa cemburu dalam diri Aisyah. 

Dalam hadits sahih riwayat Bukhari, disebutkan bahwa Aisyah tidak pernah punya rasa cemburu pada seorang wanita kecuali pada Khadijah, padahal dia sendiri sebetulnya belum pernah melihat Khadijah.

Ketika Nabi SAW menyembelih domba untuk diberikan kepada kerabat dan sahabat Khadijah, Aisyah pernah berkata, "Seakan-akan di dunia ini tidak ada wanita selain Khadijah." Nabi SAW bersabda, ""Khadijah itu begini dan begitu, dan aku mendapatkan anak darinya."

 

 

Sumber: saaid 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA