Ahad 21 Mar 2021 19:47 WIB

Jelang Ramadhan, BKN Bagikan Kantong Belanja Non Plastik 

Kantong belanja itu akan dibagikan pertama kali di di Jakarta pada  Jumat (9/4).  

Ketua Umum Barisan Ksatria Nusantara (BKN), Muhammad Rofi`i Mukhlis.
Foto: Dok BKN
Ketua Umum Barisan Ksatria Nusantara (BKN), Muhammad Rofi`i Mukhlis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jelang Ramadhan 1442 H, Barisan Ksatria Nusantara (BKN) akan mengadakan kegiatan bagi kantong belanja gratis tanpa plastik. “Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk nyata BKN menjaga Indonesia dari permasalahan sampah plastik yang volumenya selalu meningkat di bulan Ramadhan karena tingkat konsumsi yang tinggi dan berlebihan, seperti yang dilansir oleh banyak media massa,” kata  Ketua Umum BKN, Muhammad Rofi`i Mukhlis, dalam siaran pers yang diterima Repubkika.co.id, Ahad (21/3).

Ia menambahkan, kantong belanja yang dibagikan BKN ini non plastik dan ramah lingkungan. “Bahannya juga kuat dan dapat digunakan untuk keperluan di luar belanja, seperti untuk menaruh mukenah, sajadah, dan Alquran ketika shalat Tarawih maupun acara lainnya,"  ujar Rofi`i  yang didampingi Sekretaris Umum BKN, Rakhmad Zailani Kiki.

Menurut  Rofi`i, kantong belanja non plastik itu akan dibagikan pertama kali di beberapa titik di Jakarta pada  Jumat (9/4),  kemudian menyusul di daerah lainnya.

Dipilhnya Jakarta sebagai daerah awal pembagian kantong belanja  non plastik ini, selain sebagai ibu kota, juga karena volume sampah plastik di Jakarta masih tinggi, sekitar 6.000-an ton per hari. Bahkan pada  saat penerapan PSBB (pembatasan social berskala besar) di masa pandemi Covid-19, bisa mencapai 8.000-an ton per hari.

Rofi’i mengemukakan, pada kegiatan tersebut, selain partisipasi dari pengurus dan anggota BKN, masyarakat dapat juga berpartisipasi dalam kegiatan ini.  Untuk itu, masyarakat bisa menghubungi BKN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement