Ahad 21 Mar 2021 19:23 WIB

Babak Pertama, PSIS Cukur Barito Putera 3-0

Tiga gol PSIS masing-masing dicetak oleh Fandi Eko Utomo, Hari Nur, dan Komarudin.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Piala Menpora
Foto: pssi.org
Piala Menpora

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tiga gol bersarang di gawang Barito Putera kala berhadapan dengan PSIS Semarang pada babak pertama laga kedua penyisihan Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Ahad (21/3) petang WIB. Sempat kesulitan mengembangkan permainan pada awal laga, PSIS berhasil bangkit pada pertengahan babak pertama. Tiga gol PSIS masing-masing dicetak oleh Fandi Eko Utomo, Hari Nur, dan Komarudin.

Barito Putera langsung mengawali laga dengan intensitas tinggi. Mengandalkan Rizki Pora dan Bayu Pradana, Laskar Antasari berupaya menguasai lapangan tengah. Peluang pertama di laga ini didapatkan Barito Putera. Sayangna, sepakan Kahar Kallu masih bisa diblok pemain bertahan PSIS dan bola ditangkap dengan mudah oleh kiper Joko Ribowo.

Baca Juga

Sementara PSIS terus berupaya membongkar pertahanan Barito lewat umpan lambung ke sisi sayap. Pada menit ke-13, Fandi Eko Utomo mendapatkan kesempatan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, kiper Barito, Aditya Harlan, masih menangkap bola hasil sepakan Fandi tersebut.

Berselang tiga menit, tepatnya pada menit ke-16, Laskar Mahesa Jenar mendapatkan peluang emas lewat serangan yang dibangun dari sisi kiri pertahanan Barito Putera. Beruntung, salah satu bek Barito Dandi Maulana berhasil menghalau bola yang telah mengarah ke bagian gawang yang kosong usai sempat ditinggal Aditya.

Usai jeda water break, tim Mahesa Jenar langsung mengejutkan lini belakang Barito, tepatnya pada menit ke-31. Fandi Eko melepaskan sepakan keras kaki kiri dari depan kotak penalti. Fandi berhasil memanfaatkan bola halauan salah satu bek Barito Putera usai lemparan kedalam yang didapatkan PSIS. Bola sepakan Fandi Eko pun bersarang di pojok kanan atas gawang Laskar Antasari.

Tidak berhenti sampai di situ, dua menit berselang setelah gol Fandi, PSIS bisa menggandakan keunggulan. Hari Nur berhasil mengakhiri serangan balik Laskar Mahesa Jenar. Hari Nur menyambut umpan tarik, yang berasal dari sisi kanan pertahanan Barito.

Petaka kembali menimpa Barito Putera, tepatnya saat babak pertama memasuki menit ke-39. Crossing Ferdyan di sisi kiri pertahanan Laskar Antasari berhasil dimanfaatkan secara sempurna oleh Komarudin. Bola bersarang di pojok kanan gawang Barito. Gol itu menjadi yang terakhir pada babak pertama.

Susunan Pemain: 

PSIS Semarang: Joko Ribowo; Fredyan, Arhan, Rio, Dewangga, Finky, Eka Febri, Fandi Eko, Hari Nur, Andreas Ado, Komarudin.

Pelatih: Dragan Djukanovic

Barito Putera: Aditya Harlan; Bagas Kaffa, Dandi Maulana, Firly, Rizki Pora, Bayu Pradana, Lutfi Kamal, Alif Jaelani, Ambrizal Umanailo, Kahar Kallu, Beni Oktovianto.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement