Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

India dan AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Strategis

Ahad 21 Mar 2021 19:51 WIB

Red: Nur Aini

India berkomitmen

India berkomitmen "mewujudkan kemitraan pertahanan yang lebih kuat" dengan Amerika Serikat, ujar menteri pertahanan India, Sabtu (20/3).

Menteri Pertahanan AS Lloyd James Austin bertemu dengan mitranya dari India

​​​​​REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India berkomitmen "mewujudkan kemitraan pertahanan yang lebih kuat" dengan Amerika Serikat, ujar menteri pertahanan India, Sabtu (20/3).

"Saya berharap bisa bekerja sama membuat hubungan India-AS menjadi salah satu kemitraan yang menentukan di abad ke-21," kata Rajnath Singh, saat membacakan pernyataan bersama setelah pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd James Austin.

Baca Juga

Austin tiba berada di India untuk kunjungan dua hari. Singh mengatakan kepada media bahwa dia melakukan "diskusi yang komprehensif dan bermanfaat" dengan menteri pertahanan AS.

“Kami ingin bekerja sama mewujudkan potensi penuh dari Kemitraan Strategis Global Komprehensif India-AS,” tambah dia.

“Diskusi kami hari ini berfokus pada kerja sama pertahanan kami yang luas dan memperluas keterlibatan militer-ke-militer di seluruh layanan, berbagi informasi, kerja sama di sektor pertahanan yang muncul, dan dukungan logistik timbal balik,” kata menteri India.

"Kami meninjau keseluruhan latihan bilateral dan multilateral dan setuju untuk meningkatkan kerja sama dengan Komando Indo-Pasifik AS, Komando Pusat dan Komando Afrika," tambah dia.

KTT India, AS, Jepang, dan Australia digelar baru-baru ini di bawah kerangka Quad, dibentuk untuk menyelesaikan dan mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif.

“Kami membahas perlunya peningkatan kapasitas untuk mengatasi beberapa tantangan non-tradisional seperti tumpahan minyak dan bencana lingkungan, perdagangan narkoba, penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, tidak diatur (IUU),” kata Singh.

Austin, juga menegaskan kembali komitmennya memperkuat hubungan pertahanan bilateral dengan India

“Saya ingin menyampaikan komitmen pemerintahan (Joe) Biden- (Kamala) Harris kepada sekutu dan teman-teman kita. India adalah pilar utama kawasan Indo Pasifik. "

“Kami terus meningkatkan kerja sama di organisasi multilateral seperti Quad dan ASEAN,” ujar dia.

Menteri pertahanan AS juga telah bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Jumat. Modi menguraikan visinya untuk kemitraan strategis antara kedua negara dan menekankan "peran penting" kerja sama pertahanan bilateral India-AS.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/india-as-sepakat-tingkatkan-kerja-sama-strategis/2183130
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA