Ahad 21 Mar 2021 17:10 WIB

UBSI Kampus Pontianak Hibahkan Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Aplikasi ini solusi kelola transaksi pembelian, penjualan, jasa servis dan laporan.

Mahasiswa Universitas BSI Kampus Pontianak menghibahkan aplikasi pengelolaan keuangan kepada UMKM bernama Davia Laundry Kubu Raya.
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa Universitas BSI Kampus Pontianak menghibahkan aplikasi pengelolaan keuangan kepada UMKM bernama Davia Laundry Kubu Raya.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK – Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia,  Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus  sukses menghibahkan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Keuangan kepada salah satu UMKM bernama Davia Laundry Kubu Raya. Aplikasi ini merupakan bentuk kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen  Program Studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI Kampus Pontianak. 

Alazmi dan Niswatul Ummi, mahasiswa  Universitas BSI Kampus Pontianak bersama Lisnawanty dan Ardiansyah selaku dosen pembimbing menghibahkan aplikasi ini secara langsung kepada Beti Susanti selaku owner Davia Laundry, Senin (8/3). Davia Laundry merupakan industri rumah tangga yang bergerak di bidang jasa pencucian dan menyetrika pakaian. 

Menurut Ardiansyah, meningkatnya perumahan dengan penduduk yang rata-rata bekerja membuat para pekerja kesulitan membagi waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian.  Sehingga ini menjadi peluang bisnis bagi Davia Laundry dalam mengembangkan bisnisnya.

“Dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Keuangan, maka diharapkan dapat menjadi solusi bagi perusahaan dalam mengelola transaksi pembelian, penjualan dan jasa servis serta laporan yang sebelumnya menggunakan tulis tangan menjadi sistem yang telah terkomputerisasi sehingga akan lebih cepat dan akurat,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (17/3). 

Hibah aplikasi ini disambut sangat baik oleh pihak Davia Laundry.  Menurut Beti Susanti,  kegiatan pengolahan data sebelumnya hanya memanfaatkan media tulis saja dan transaksi  dicetak dalam bentuk dokumen. 

“Selama ini kegiatan pengolahan data memanfaatkan media tulis. Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengolahan data disajikan dalam bentuk cetakan kertas. Memang pencatatan transaksi di Davia Laundry Kubu Raya sejauh ini aman saja, namun pengelolaan dokumen masih tidak terstruktur dengan baik,” katanya. 

Ia menambahkan, dengan adanya hibah aplikasi ini tentu akan memberikan manfaat yang besar dalam pengelolaan keuangan pada setiap transaksi perusahaan. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Alazmi dan Niswatul Ummi mahasiswa kampus Universitas BSI Pontianak yang telah membantu kinerja usaha kami. Apalagi saat magang, mereka tidak hanya mencari nilai saja, namun mampu mencari celah kebutuhan yang memang haus diterapkan dalam usaha kami. Kami merasa sangat terbantu dengan dibuatkannya aplikasi pengelola keuangan ini,” tutup Beti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement