Sabtu 20 Mar 2021 17:42 WIB

Gunung Merapi di Islandia Meletus

Aliran lahar merah terlihat mengalir keluar dari celah di tanah Geldingadalur

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Gunung berapi di Islandia
Foto: AP
Gunung berapi di Islandia

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Sebuah gunung berapi meletus hanya 40 km dari ibu kota Islandia, Reykjavik pada Jumat (19/3). Lava merah yang keluar dari tanah dan cahaya merah tua menerangi langit malam.

"Letusan dimulai di Fagradalsfjall di Geldingadalur sekitar pukul 20:45 GMT malam ini. Letusannya tergolong kecil dan celah letusannya berukuran sekitar 500-700 meter. Ukuran lahar kurang dari 1 kilometer persegi," ujar Kantor Meteorologi Islandia (IMO), yang memantau aktivitas seismik.

Aliran lahar merah terlihat mengalir keluar dari celah di tanah Geldingadalur, dekat Gunung Fagradalsfjall di Semenanjung Reykjanes di barat daya Islandia. Gambar itu didapatkan dalam rekaman yang diambil oleh helikopter penjaga pantai.

Meskipun Bandara Internasional Keflavik Islandia dan pelabuhan nelayan kecil Grindavik hanya berjarak beberapa kilometer, daerah tersebut tidak berpenghuni. Letusan pun diperkirakan tidak menimbulkan bahaya apa pun. "Ada sedikit aktivitas letusan di daerah itu," ujar IMO dikutip dari Aljazirah.

Lokasi letusan berada di lembah, sekitar 4,7 km ke pedalaman dari pantai selatan semenanjung. Polisi dan petugas penjaga pantai berlomba ke tempat kejadian, tetapi masyarakat disarankan untuk menjauh dan jalan utama dari wilayah ibu kota ke bandara Keflavik ditutup sementara pada Jumat.

Tidak ada laporan tentang abu yang jatuh, meskipun tephra atau fragmen batuan magma yang mengeras dan emisi gas diperkirakan terjadi. Polisi memerintahkan penduduk yang tinggal di sebelah timur gunung berapi untuk menutup jendela dan tinggal di dalam rumah karena risiko kemungkinan polusi gas yang terbawa angin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement